Perhatikan Masker Habis Pakai, Begini Cara Kelola Limbah yang Tepat

Ilustrasi Masker N95. Foto: Skynews
Ilustrasi Masker N95. Foto: Skynews

DEPOK – Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Dokter Reisa Broto Asmoro menyampaikan cara yang tepat kelola limbah masker.

Dilansir dari situs pemerintah covid19.go.id, cara yang bisa dilakukan dalam mengelola limbah masker dengan membuangnya dengan benar.

Menurut dia, Limbah masker habis pakai tak boleh sembarangan, pengelolaannya harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dia menerangkan, masker yang sudah dipakai, seharusnya dikumpulkan di satu tempat. Jika hanya satu bisa langsung semprotkan disinfektan atau rendam di larutan pemutih atau klorin.

Robek tali dan bagian tengah masker agar rusak dan tidak dapat dipergunakan ulang orang lain, masukkan ke dalam wadah tertutup atau dibungkus plastik, dan buang ke tempat sampah.

Baca juga: Ada 171 Zona Merah COVID-19 di Depok, Dimana Saja?

Selanjutnya, penting sekali untuk selalu cuci tangan dengan baik dan benar terutama dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik setelah kelola limbah masker medis.

Dia menyebutkan, situasi pandemi tentu tidak mengenakkan. PPKM Darurat bahkan lebih memperketat peraturan saat beraktivitas di luar. Dia meminta, untuk tetap tinggal di rumah, terapkan prokes ketat kalau memang harus sekali keluar rumah, dan pastikan ikut program vaksinasi COVID-19.

“Vaksinasi covid-19 yang merata di antara masyarakat Indonesia akan membuka kembali peluang berjumpa dengan orang tua, anak, dan cucu dan orang tersayang lainnya dalam situasi yang lebih baik. Daftar sekarang juga antar mereka yang perlu dibantu seperti para lansia dan temani jadi saksi bersejarah hidup mereka,” terang dia. (lala/*)