Perahu Wisata Kang Emil Jadi Primadona Situ Rawa Besar

0
413
Sejumlah jurnalis nikmati perahu wisata di Situ Rawa Besar (Istimewa)

PANCORAN MAS- Perahu wisata, hibah dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk Kota Depok telah memberikan dampak positif, tidak hanya untuk  alternatif liburan, namun juga ampuh meningkatkan perekonomian warga.

Setidaknya itulah yang dirasakan oleh sejumlah warga di Kampung Lio, Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Sejak sebulan lalu, lokasi wisata air di kawasan itu nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Alhasil, ekonomi warga sekitar pun bergeliat seiring banyaknya aktivitas perdagangan disana.

Udin, salah satu pengurus lingkungan setempat bahkan mengaku, sejak perahu wisata itu hadir, jumlah pengunjung yang datang jumlahnya meningkat hingga berkali-kali lipat.

Baca Juga: Emil Prihatin Depok Banyak Situ Tapi Tidak Dimanfaatkan

Ya, hanya dengan tiket senilai Rp 5000, wisatawan bisa menikmati keindahan Situ Rawa Besar dari atas perahu tersebut.

Perahu wisata di Situ Rawa Besar (istimewa)

Demi keselamatan dan protokol kesehatan COVID-19, pengunjung yang ingin naik perahu wajib mengenakan masker, menjaga jarak, dan mengenakan rompi penyelamat.

Udin, yang juga aktif mengoperasikan perahu wisata itu mengaku, setiap harinya sebanyak 150 tiket ludes diborong pengunjung.

“Kan satu buku gitu isinya 200 karcis, kadang sisa 50 atau 60. Tapi rata-rata mah habisnya 150,” katanya pada Selasa 5 Januari 2020

Hal ini tentu saja memberi angin segar bagi warga sekitar. “Hasilnya ya lumayan, alhamdulillah. Nanti kita bagi ke pengurus RW dan teman-teman yang kerja,” ujarnya

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Habib Idrus Al Gadri juga mengakui, inovasi di Situ Rawa Besar telah memberikan dampak positif bagi warga sekitar.

“Alhamdulillah banget, sekarang Situ Rawa Besar bukan cuma indah dilihat tapi juga memberikan manfaat positif bagi perekenomian warga sini. Semoga nantinya akan ada lebih banyak fasilitas penunjang situ di Kota Depok,” katanya

Terpisah, Ketua Kelompok Kerja Wartawan Kota Depok, Rinna Ratna Purnama mengatakan, Situ Rawa Besar bisa menjadi alternatif wisata di Kota Depok. Terlebih, daerah penyanggah Ibu Kota Jakarta ini memiliki puluhan danau atau situ yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya rasa ini bagus karena bisa membangkitkan perekonomian warga juga. Jadi liburannya enggak harus ke mall terus, menikmati alam juga baik kok, untuk kesehatan dan ramah di dompet,” katanya saat menjajal langsung wahana tersebut

Sejumlah anggota Pokja Wartawan Depok saat menikmati keindahan Situ Rawa Besar (Istimewa)

Selain perahu wisata, di tempat itu juga terdapat cukup banyak aneka jajanan khas pedagang kaki lima. Biasanya, kawasan tersebut ramai pada sore hari. (riz/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here