Ketahui Penyebab Perut Sering Berbunyi, Berhubungan dengan Penyakit Lambung?

Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Perut yang berbunyi tentunya membuat Anda tidak nyaman. Adanya kondisi ini  sangat mengganggu, apalagi ketika kamu yang mengalaminya sedang bersama orang lain.

Namun, sebenarnya apa saja penyebab kondisi perut yang bunyi ini. Selain itu apakah kondisi ini juga menandakan kita memiliki masalah di lambung?

Melansir dari Suara.com, dr. Poh Choo Hean dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura mengatakan, sejatinya perut berbunyi adalah hal yang normal dan dialami oleh banyak orang.

“Suara dari perut bisa merupakan kejadian normal. Ini tidak menandakan Anda punya penyakit. Suara tersebut dihasilkan ketika usus/perut kita berkontraksi,” tuturnya dalam forum tanya jawab Smarterhealth.id.

Lalu bagaimana dengan perasaan mual atau kembung? Apakah itu memengaruhi munculnya suara dari perut?

Baca Juga: ladies, Ketahui Batasan Rambut Rontok dalam Sehari, Secara Normal Penyebabnya Ternyata Begini

Menurut dr. Poh, tidak demikian. Ketidaknyamanan di area perut karena kembung lebih dipengaruhi oleh konsumsi makanan daripada penyakit.

“Jika ada banyak ketidaknyamanan kembung, orang perlu menghindari makanan yang mengandung gas seperti kubis, brocolli, kembang kol dan produk kacang-kacangan. Buah-buahan tertentu seperti apel, aprikot, semangka, mangga, dan plum juga mengandung gas,” terangnya.

Selain perut kembung, masalah lambung lainnya yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan hingga nyeri adalah naiknya asam lambung. Dalam dunia medis, penyakit asam lambung alias GERD bisa menyebabkan nyeri hingga mual dan muntah.

Asam lambung meningkat juga terjadi karena konsumsi makanan-makanan berminyak terkadang menyebabkan keterlambatan pencernaan dan karenanya dapat memicu gejala refluks.

“Untuk meredakan naiknya asam lambung, Anda bisa minum obat penekan asam dan untuk kembungnya Anda bisa minum prokinetik seperti motilium,” tutup dr. Poh. (lala/*)