Penyakit Autoimun Kalah dengan Daun Sereh, Nih Caranya

Daun sereh atau serai (Foto: Istimewa)
Daun sereh atau serai (Foto: Istimewa)

DepokToday- Penyakit autoimun ternyata bisa disembuhkan tanpa harus bingung pontang-panting ke dokter. Caranya hanya dengan bermodalkan daun sereh. Tak hanya itu saja, tanaman herbal yang satu ini juga menyimpan segudang manfaat lainnya loh.

Hal itu diungkapkan oleh dokter sekaligus pendakwah yang terkenal dengan Jurus Sehat Rasulullah, ia adalah dokter Zaidul Akbar.

Baca Juga: Dijamin Takjub, Ini Segudang Manfaat Daun Kelor, Bisa Obati Anak Autis

Menurut dia, ada begitu banyak tanaman di Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat mujarab untuk berbagai penyakit. Salah satunya sereh atau serai.

“Saya tuh makin belajar kaya gini (tanaman herbal) makin takjub dengan apa-apa yang Allah ciptakan. Bayangkan hanya dengan bermodalkan minum sereh tapi nggak makan lagi yang aneh-aneh ada orang bisa bebas dari penyakit autoimunnya. Hanya bermodalkan minum sereh,” katanya dikutip dari channel YouTube JSR, pada Senin 18 Oktober 2021.

Baca Juga: Gelombang Tiga COVID-19 Indonesia Diperediksi Akhir 2021, Pemerintah Siapkan Ini

Karena mengandung banyak manfaat, dokter Zaidul Akbar juga menyarankan pria dewasa untuk mengganti kebiasan minum kopi atau teh dengan daun sereh.

“Kalau bapak-bapak mau mengubah sedikit isi piringnya, isi gelasnya anda bisa mendapat kesehatan yang jauh lebih baik. Pagi-pagi misalkan sukanya minum teh manis, ganti dengan teh sereh,” ujarnya.

“Atau agi-pagi misalnya suka minum kopi yang sachetan, saran saya jangan minum lagi lah. Itu nggak tahu isinya apa, sebagian besar tapi bau kopinya sudah nggak ada. Kita hanya minum gula-gula dan karbon,” sambungnya.

Daun Sereh dan Minuman Pengganti Kopi

Sebagai pengganti kopi, Zaidul Akbar menyarankan untuk minum jahe yang dicampur daun pandan.

“Anda bisa bikin jahe yang digeprek atau diiris-iris lalu masukin daun pandan sudah cukup untuk sarapan pagi. Habis itu minum VCO satu sndok, sudah cukup untuk aktivitas sampai siang, insya Allah cukup, makan buah sedikit itu sarapan namanya.”

Baca Juga: Akun Kapolda Sorot Tawuran di Depok, Warganet Auto Curhat

Atau kalau bisa, lanjut Zaidul Akbar, kasih sarapan yang banyak mengandung enzim.

“Anda bikin sayuran, ada tomat ada timun, ada mungkin brokoli. Lalu dicincang-cincang atau dipotong kecil kasih jeruk nipis, kasih madu, kasih lada sedikit, kasih zaitun sudah jadi salad, itu sarapan sehat,” katanya. (rul/*)