Penurunan BOR Depok Capai 85 Persen, Dinkes Bergantung Strategi Ini

Kepala Dinkes Depok, dokter Novarita. (DepokToday.com)
Kepala Dinkes Depok, dokter Novarita. (DepokToday.com)

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyebutkan Bed Occupancy Ratio atau BOR RS di Kota Depok telah menunjukan penurunan menjadi 85 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita. Angka BOR yang sudah menurun kata dia, disebabkan karena strategi penambahan bed di sejumlah rumah sakit di Depok yang telah dilakukan.

Total saat ini, sudah ada 1.077 unit bed isolasi. Sedangkan bed ICU sudah mencapai 137 bed. “Penambahan kita lakukan sebanyak 40 persen,” terang Novarita dilansir Sabtu 25 Juli 2021.

Baca juga: Oksigen Masih Sulit, RSUD: Kami Harus Mencari ke Beberapa Sumber Lain

Dia menyebutkan, BOR yang turun belum dipengaruhi oleh penurunan angka positif COVID-19 yang saat ini dinilai dia masih tinggi. Bahkan, masih tembus di seribuan angka penambahan pada pekan ini.

Baca juga: Osaka Nyalakan Kuali Olimpiade 2020, Simbol Harapan dan Vitalitas

“Kemarin saja masih bertambah 1000-an kasus, penurunan ini (BOR) karena memang ditambah bed nya,” jelas dia.

Sebagai informasi, pada dua pekan lalu, BOR di Depok masih menunjukan angka yang tinggi. Dimana tingkat keterisian tempat tidur khusus pasien COVID mencapai 95 persen.

Penurunan angka BOR ini juga sesuai dengan data yang dibagikan Kementerian Kesehatan pada beberapa waktu lalu. Dimana, Jawa Barat menjadi provinsi yang mengalami kemajuan dengan penurunan angka BOR. (lala/*)