Penularannya Lebih Cepat, Kenali Ciri-ciri Seseorang Terkena Varian Delta

Tim Pemburu COVID-19 melakukan patroli di sejumlah mal di Kota Depok. (DepokToday.com)
Tim Pemburu COVID-19 melakukan patroli di sejumlah mal di Kota Depok. (DepokToday.com)

DEPOK` –  Melonjaknya pasien COVID-19 beberapa hari belakangan banyak dikaitkan dengan kehadiran sejumlah varian baru virus asal tiongkok tersebut. Salah satunya, varian Delta yang diklaim memiliki daya penularan lebih tinggi dari virus asalnya.

Walau secara umum, virus varian baru ini memiliki gejala awal yang sama dengan virus asal. Tapi, varian ini juga disebutkan memberikan dampak lebih tinggi pada pasien penderita.

Dilansir dari Kompas.com Rabu 23 Juni 2021, gejala infeksi virus corona yang bukan varian delta umumnya muncul pada periode masa inkubasi atau sekitar 2-14 hari setelah terpapar.

Berikut ciri-ciri yang muncul ketika seseorang tertular COVID-19:

1.Batuk kering

Gejala umum penyakit ini biasanya ditemukan danya batuk yang kering. Batuk kering ini berbeda dari batuk lainnya dirasakan seorang penderita sangat mengganggu karena seolah berasal dari dalam dada yang jauh.

2.Sesak napas

Gejala ini biasanya bisa dirasakan seorang penderita tanpa adanya gejala penyerta seperti batuk. Adanya sesak ini juga menandakan jika penyakit ini sudah masuk dalam tahapan serius.

3.Demam

Biasanya demam terjadi mecapai suhu di atas 37,7 derajat celcius. Gejala demam yang paling umum adalah suhu tubuh naik di sore hari dan menjelang petang. Hal itu adalah cara umu virus menghasilkan demam. Gejala ini juga biasanya dibarangi dengan rasa menggigil.

4.Kelelahan
Ada juga yang terinfeksi virus corona mengalami kelelahan hingga tahap yang ekstrem. Rasa lelah ini bahkan dapat berlanjut lama setelah virus hilang. Dalam laporan sejumlah penelitian. Orang-orang yang telah pulih dari Covid-19 mengaku masih merasa kelelahan dan kekurangan energi setelah masa pemulihan beberapa minggu.

Baca juga: Polisi Bilang Depok Zona Merah, Tapi Pemkot Keukeuh Oranye

Tanda Penderita COVID-19 Varian Delta

Sedangkan untuk tahapan penderita yang terinfeksi Corona varian Delta, mereka bisa membuat gejala-gejala tersebut menjadi lebih parah dan lebih sulit ditangani oleh tim medis.

Profesor Kedokteran Darurat dan Kesehatan Internasional di John Hopkins University Dr Bhakti Hansoti menyampaikan, ada beberapa gejala infeksi virus corona varian Delta, yakni: Sakit perut Hilangnya selera makan Muntah Mual Nyeri sendi Gangguan pendengaran.

Profesor Epidemiologi Genetika di King’s College London, Tim Spector mengatakan, gejala yang timbul akibat infeksi virus ini terasa seperti flu yang parah.

Menurut dia beberapa gejala yang paling banyak dilaporkan oleh penderita Covid-19 varian Delta. Gejala yang dimaksud yakni: sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek demam. Menurutnya, gejala Covid-19 yang sebelumnya dianggap sering terjadi seperti batuk dan kehilangan penciuman justru lebih jarang terjadi pada orang yang terinfeksi varian Delta.

Sedangkan, pada pasien yang lebih muda, gejala Covid-19 yang lebih dominan adalah pilek atau badan terasa tidak enak atau kelelahan. (lala/*)