Penuhi Asupan Kamu, Ini Makanan Penangkal Penyakit di Musim Hujan

Ilustrasi hujan (Istimewa)

Depoktoday– Musim hujan telah tiba, waspadai perubahan iklim serta penyakit-penyakit yang biasanya menyerang pada musim pancaroba, seperti flu, batuk, pilek dan demam. Untuk mencegah hal tersebut, dibutuhkan asupan gizi yang baik.

Dilansir dari laman theasiaparent, berikut makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama musim penghujan.

Bawang putih

Halodoc mengatakan, bawang putih dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya. Antioksidan memang bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Gunakan bawang putih dalam masakan Anda.

Kunyit

Alena Kharlamenko, Pakar Diet Terdaftar yang tinggal di New York City, AS, mengatakan, kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat tinggi dan memiliki kemampuan melindungi tubuh dari senyawa berbahaya.

Buah pir

Pir kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang efektif untuk melindungi diri dari penyakit yang timbul di musim hujan. Kandungan seratnya, serta vitamin C dan B12-nya juga baik untuk tubuh. Buah ini termasuk kategori antipiretik, yakni dapat mendinginkan tubuh saat demam menyerang. Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindari dari penyakit musim hujan, rutinlah mengonsumsi buah ini.

Kacang Almond

Laman Halodoc menyebutkan kacang almond sebagai salah satu makanan penambah daya tahan tubuh di kala hujan. Protein dan kandungan lemaknya yang rendah terbukti sangat baik untuk kesehatan. Ditambah, kemampuannya dalam meningkatkan fungsi pencernaan, menjaga kadar gula tetap normal, hingga menaikkan imunitas tubuh dari berbagai penyakit.

Makanan berfermentasi

Lindsey Pine, Ahli Diet Terdaftar dari California dan juga pendiri Tasty Balance Nutrition, merekomendasikan agar Anda rutin mengonsumsi makanan berfermentasi di kala musim hujan. Makanan berfermentasi itu misalnya kimchi, sauerkraut, dan kefir.

Jenis makanan ini mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang hidup di usus manusia yang membantu meningkatkan imunitas tubuh sekitar 70 persen sistem kekebalan tubuh manusia berasal dari usus. Yoghurt rendah lemak juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Ladies, Mulai Kini Stop Cukur Kumis Dengan Pisau, Efeknya Bisa Begini

Kacang-kacangan

Pakar Diet Terdaftar dan pemilik Sound Bites Nutrition Lisa Andrews mengatakan, kacang polong atau lentil sangat manjur dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan mengandung tinggi serat prebiotik yang membantu mendukung probiotik hidup, terutama lactobacillus, untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

Buah yang kaya akan vitamin C dan serat sangat ampuh dalam memulihkan energi dan membangun kekebalan. Di antaranya adalah delima yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan, memperlancar pencernaan, melawan diabetes tipe 2 dan menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Jeruk

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi di mana semuanya itu memberikan kekebalan ekstra bagi tubuh dan menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, termasuk flu.

Pepaya

juga tinggi vitamin A, B, dan K serta kalium, magnesium, dan folat. Semuanya ini bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, dan baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Semangka

Buah yang mengandung vitamin C, A, B, serta likopen dan 92 persennya terdiri dari air yang kegunaannya mengurangi risiko infeksi selama musim hujan juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Brokoli

Sayuran ini dikenal sebagai superfood kandungan nutrisinya yang superlengkap. Brokoli mengandung zat besi, kalium, kalsium, selenium, dan magnesium, juga kaya akan serat, antioksidan, protein, juga vitamin A, C, E, K, dan berbagai vitamin B termasuk asam folat.

Bayam

Sayur berwarna hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Mulai dari vitamin C, beta karoten, antioksidan, serat, vitamin A, B kompleks, dan K. Kandungan-kandungan dalam bayam ini mampu melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit saat musim hujan datang.

Buah bit

Selama musim hujan, banyak orang menderita gangguan pencernaan. Mengonsumsi bit dapat membantu proses pencernaan, penurunan berat badan, dan membangun kekebalan tubuh. Bit juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah rambut dan kulit. (lala/*)