Pensiun Balapan Motor, Valentino Rossi: Ini Momen Menyedihkan

Valentino Rossi.(Foto-foto: Daily Mail)
Valentino Rossi.(Foto-foto: Daily Mail)

DepokToday—Valentino Rossi telah mengumumkan akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim. Juara dunia sembilan kali itu mengumumkan berita tersebut menjelang Grand Prix Styrian akhir pekan ini.

Rossi akan membuka tirai pada 25 tahun karir termasyhur yang menghasilkan 115 kemenangan. Dia adalah satu-satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan dunia 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

BACA JUGA: Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Berbicara pada konferensi pers di Austria, Rossi mengakui keputusan ini merupakan momen menyedihkan.

“Saya telah memutuskan untuk berhenti di akhir musim. Sayangnya, ini akan menjadi paruh musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP,” kata Rossi.

Valentino Rossi.(Foto: MotoGP)
Valentino Rossi.(Foto: MotoGP)

“Ini adalah momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor. Tahun depan, hidup saya akan berubah. Tapi itu luar biasa, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat, sangat menyenangkan, dan saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua orang saya,” tambah Rossi.

BACA JUGA: Ini Deretan Motor Sport 90-an yang Bikin Cowok Ganteng Maksimal

Rossi telah menjadi pembalap dominan di generasinya. Pria Italia itu membuat jejaknya di kejuaraan dunia 125cc – tempat berkembang biaknya banyak bintang MotoGP terbaru – pada tahun 1996.

Rossi meraih kemenangan pertamanya tahun itu di Brno di Republik Ceko dan finis di urutan kesembilan di klasemen keseluruhan. Setahun kemudian ia memenangkan gelar dunia pertamanya di atas mobil Aprilia sebelum naik ke kelas 250cc di mana ia menempati posisi kedua dan pertama di musim berturut-turut untuk pabrikan Italia.

Aksi Valentino Rossi ketika balapan MotoGP.(Foto: suara.com)
Aksi Valentino Rossi ketika balapan MotoGP.(Foto: suara.com)

Kemudian datang langkah penting ke kelas 500cc dengan Honda pada pergantian abad. Rossi memenangkan gelar juara dunia pada tahun 2001, 2002 dan 2003 sebelum pindah ke Yamaha pada tahun 2004 di mana ia memenangkan gelar kelas utama keempat berturut-turut, mengikutinya dengan kesuksesan berulang pada musim berikutnya.

Dua gelar dunia lagi untuk Yamaha membuat penghitungannya menjadi sembilan pada 2009 sebelum ia bergabung dengan Ducati. Tetapi dua musim yang tidak produktif dan membuat frustrasi di tahun 2011 dan 2012 menyusul – awal dari perjalanan di mana ia gagal menambah jumlah mahkota dunianya.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, kemudian mengambil tempat runner-up berturut-turut antara 2014 dan 2016 meskipun kembali dengan tim Yamaha yang dia tinggalkan untuk bergabung dengan Ducati.

(Sumber: theguardian.com)