Pengusaha Laundry Harus Mengikuti Era Industri 4.0

Pengusaha laundry berkumpul dalam acara Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia (Hipli).(DepokToday/Aji)

TANGERANG SELATAN-Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia (Hipli) mengumpulkan para pengusaha laundry di Gedung Triton Maytag Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Sabtu (29/2/2020).

Mereka membahas era industri 4.0 dalam sebuah acara bertajuk Laundry Conference 2020.

“Zaman era bisnis industri 4.0 semua yang dulu tidak mungkin, sekarang bisa menjadi mungkin berkat lompatan teknologi dan inovasi,” ujar Ketua Umum Hipli, Herry Basuki Achmidjono.

Menurutnya, peluang bisnis laundry semakin tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari. Untuk itu, ia berharap adanya kolaborasi antarpengusaha laundry agar dapat tumbuh dan maju bersama.

Sementara itu, dari arena acara. Pembicara pertama dengan tema “Laundry Preneur 4.0” diisi oleh Andrias Harefa, seorang motivator sekaligus pengusaha laundry.

Andrias memberikan materi 13 ciri laundrypreneur. Kata dia, untuk menjadi seorang entrepreneur laundry harus menempuh 13 proses tersebut, salah satunya adalah kerap berpikir berbeda dengan orang kebanyakan.

Sedangkan pembicara kedua, dengan tema “Trend Bisnis Laundry 2020” menghadirkan narasumber Rizal Matulatan, pemegang lisensi Maytag di Indonesia.

“Sekarang sudah masuk era industri 4.0, pebisnis laundry harus siap memasuki era tersebut,” terangnya.(aji)