Pengadilan Negeri Depok Terbitkan Surat Bebas Syahganda Nainggolan

Tim kuasa hukum aktivis KAMI, Syahganda Nainggolan, protes saat sidang di Pengadilan Negeri Depok (DepokToday.com)
Tim kuasa hukum aktivis KAMI, Syahganda Nainggolan, protes saat sidang di Pengadilan Negeri Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Petinggi Koalisi Aksi Menyelematkan Indonesia (KAMI), Syahganda Nainggolan, akhirnya dikeluarkan dari penjara Bareskrim Polri. Hal itu didasari keputusan nomor W11.U21/3579/HK.01/VIII/2021 yang ditandatangani Ketua Pengadilan Negeri Depok, Syamsul Arief.

“Mengenai gimana cara ngeluarinnya, itu kewenangan dari Rutan (rumah tahanan negara), bukan kewenangan kita lagi,” kata Humas Pengadilan Negeri Depok, Ahmad Fadil saat dikonfirmasi pada Jumat 13 Agustus 2021.

Sebagaimana isi surat tersebut, jelas Ahmad, maka Syahganda Nainggolan dikeluarkan demi hukum karena pemidanaan 10 bulan sudah sama dengan masa perpanjangan penahanan MA.

“Sedangkan perkara kasasi masih belum diputus. Sehingga terdakwa harus dikeluarkan demi hukum,” katanya

Baca Juga: Bantuan Pemerintah Tak Kunjung Hadir, PKL Depok Pilih Pinjam ke Rentenir

Namun, lanjut Ahmad, jika nanti dalam putusan kasasi majelis hakim menjatuhkan hukuman lebih dari 10 bulan, maka terdakwa akan dieksekusi lagi.

“Kita hanya memberitahu udah ada pidana yang sudah habis masa pidananya.”

Vonis Hakim Pengadilan Negeri Depok

Untuk diketahui, Syahganda divonis 10 bulan penjara atas kasus berita bohong soal Omnibus Law oleh Pengadilan Negeri Depok.

Putusan hukuman yang dijatuhkan ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntutnya enam tahun penjara.

“Kita sampai memutus sudah selesai kewenangan kita. Udah nggak ada lagi. Kita cuma memberitahu bahwa ini sudah habis masa pidananya,” kata Ahmad Fadil. (rul/*)