Pengadilan Negeri Depok Berkomitmen Perangi KKN

Ketua PN Depok, Syamsul Arief

CILODONG- Pengadilan Negeri (PN) Depok secara resmi telah melakukan kesepakatan bersama terkait zona integritas wilayah bebas korupsi. Komitmen itu ditandagani langsung oleh sejumlah pejabat daerah pada Jumat, 5 Maret 2021.

Baca Juga: Depok dan UI Bantah Keluarkan Izin Taksi Terbang

Ketua Pengadilan Negeri Depok, Syamsul Arief menuturkan, hal itu adalah bagian dari ikhtiar jajarannya untuk membersihkan diri, sekaligus memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat tanpa terkecuali.

“Pelayanan itu outputnya pada kepuasan masyarakat,” katanya didampingi Wakil Ketua PN Depok, Iman Lukmanul Hakim

Dengan demikian, jelas Syamsul, seluruh kegiatan tata kelola administrasi, tata kelola manajemen dan birokrasi PN Depok ke depan akan diupayakan terus untuk dibuat cepat, responsif serta terbuka.

“Dan tentu saja bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme),” tuturnya

Syamsul menyebut, PN Depok sebetulnya sudah melakukan pencanangan terkait program tersebut jauh sebelummya.

“Ketika ada pimpinan baru kita membuat komitmen baru untuk melanjutkan itu,” ucapnya

Menurut Syamsul, terkait tata kelola yang sudah dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperbaiki mengenai birokasi dan administrasi penyelesaian perkara layanan.

“Termasuk juga kita akan melakukan perubahan mendasar pada ruang-ruang gedung sehingga masyarakat nyaman dilayani.”

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku, pihaknya sangat mendukung dan bangga dengan kebijakan tersebut.

“Karena ini salah bentuk komitmen dari reformasi birokrasi yang sudah kita komitmenkan sejak awal kita jadi, khususnya pejabat negara,” katanya

Menurut dia, keptusan ini merupakan sebuah kegembiraan karena akan berdampak kepada pelayanan yang dirasakan nyaman.

“Sejak awal saya dilantik, seluruhnya kita sudah melakukan zona integritas ini,” tuturnya

Bahkan, kata Idris, secara bangga Forum Koordinasii Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok, ketika masa krisis COVID-19 justru mendapat penghargaan dalam hal pencegahan KKN oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dan ini merupakan bukti kita tidak hanya seremonial zona integritas ini. Yang dikatakan Pak Ketua tadi kita bisa meningkatkan pelayanan untuk masyarakat semua,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sri Kuncoro menegaskan, pihaknya siap mendukung upaya yang akan dilakukan oleh PN Depok untuk meraih zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi tertib melayani.

“Karena kami juga bagian dari criminal justice system, ada inovasi baru dan perbaikan. Harapannya, kita bisa memberikan pelayanan dan keadilan bagi masyarakat lebih baik lagi,” katanya. (rul/*)