Penerima Banpres Tahap 3 Tak Berubah, ini Tanggapan Pak RT dan RW di Mekarjaya

Bantuan Presiden (Banpres) tahap 3 sudah diterima pengurus RT dan RW di wilayah Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.(Istimewa)

MEKARJAYA-Bantuan Presiden (Banpres) di Kota Depok sudah masuk tahapan ketiga. Banpres tersebut diterima warga yang terdampak pandemi Virus Corona, dimana datanya dihimpun oleh Rukun Tetangga (RT) maupun warga secara mandiri memasukan datanya melalui online.

Ketua RT 09 Kelurahan Mekarjaya, Suryadi, mengakui bantuan tahap ketiga ini akan diterima oleh warga yang terdata pada pembagian tahap pertama.

“Bantuan sampai tahap 3 ini yang kami terima malam ini datanya mengikuti data penerima tahap pertama. Sedangkan RT mendata semua warga yang sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh pemerintah, tapi sangat disayangkan tidak semua mendapatkan bantuan tersebut,” ujar Suryadi melalui keterangan tertulisnya kepada DepokToday, Kamis (4/5/2020).

Menurut dia, tidak berubahnya data penerima banpres tahap tiga seperti penerima tahap pertama dikhawatirkan memunculkan kecemburuan di antara warga.

“Karena sampai tahap ketiga ini datanya masih sama, bagaimana tidak ini menjadi kecemburuan bagi warga yang sudah dimintai fotocopy KTP dan fotocopy KK untuk penerimaan bansos ini tapi tidak mendapatkannya, eh malah itu-itu juga namanya yang diterima,” terangnya.

Ia menyatakan, apabila sampai enam tahap warga penerima Banpres hanya nama itu-itu saja, berarti menjadi permasalahan di tingkat RW dan RT.

“Setidaknya data penerima Banpres bergantian bagi warga yang sudah di data tapi belum menerima sama sekali. Kalau saya membagikan warga yang belum nerima Banpres, pasti menjadi permasalahan juga dan menjadi konflik antar RT maupun warga,” ucap Suryadi.

Sementara, menurut Ketua RW 16 Kelurahan Mekarjaya, Ferryzar, yang ditemui di Balai Warga RW 16, Banpres yang diterimanya sesuai dengan data tahap pertama berjumlah 57 KK.

Ia mengungkapkan, data warga penerima untuk tahap 2 dan tahap 3 tidak ada daftar data penerima Banpres. “Arahan dari Kelurahan Mekarjaya terkait Banpres, data warga penerima Banpres untuk tahap 2 dan tahap 3 mengikuti data penerima tahap pertama Banpres yang berjumlah 57 KK,” bebernya.

“Saya memberikan arahan kepada ketua RT masing-masing untuk membagikan Banpres ini sesuai dengan data penerima tahap pertama, jikalau ada warga yang protes dan cemburu, silahkan Ketua RT masing-masing menjelaskan secara jelas dan dapat dipahami oleh warganya,” Ferryzar menambahkan.

(rdt/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here