Muncul Ancaman Seperti Zaman Dinosaurus, Peneliti Prediksi Waktu Asteroid Bennu Tabrak Bumi

Penampakqn Asteroid Bennu. (Foto: Istimewa)
Penampakqn Asteroid Bennu. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Muncul prediksi ancaman bagi bumi seperti zaman Dinosaurus, yaitu adanya asteroid Bennu yang kemungkinan bisa menabrak bumi. Bahkan peneliti telah memperkirakan waktu tabrakan.

Asteroid Bennu diperkirakan berada paling dekat dengan Bumi pada 2135 ketika melewati setengah jarak dari bulan. Gravitasi bumi dapat mengubah jalurnya dan menempatkannya pada jalur tabrakan dengan Bumi. Saat ini, asteroid itu masih berjarak sekitar 190 juta mil dari Bumi.

Melansir dari CNN Indonesia, para peneliti menyebut kemungkinan tabrakan dengan Bumi adalah 1 banding 1.175 (0,0037 persen) antara saat ini hingga tahun 2300. Sehingga ada kemungkinan 99,94 persen Bennu tak akan menabrak Bumi.

Davide Farnocchia, seorang peneliti dan peneliti utama Asteroid Bennu asal Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA, menuturkan bahwa ancaman jalur asteroid Bennu kini dipantau langsung pesawat ruang angkasa Osiris-Rex NASA.

“Jadi tidak ada alasan khusus untuk khawatir (dan) kami punya waktu untuk terus melacak asteroid (ini),” kata Farnocchia.

Proyeksi terbaru ini merupakan hasil dari data baru yang disediakan oleh pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA. Pesawat ini sebelumnya sempat mendarat di Bennu pada 2018 lalu. Para ilmuwan menggunakan informasi itu untuk menghitung ancaman asteroid dan objek angkasa lainnya terhadap Bumi.

Para peneliti menyebut Bennu bisa mengalami percepatan ketika lintasannya semakin mendekat ke Matahari. Lalu, hal yang bisa membuat lintasan Bennu berbelok dan menghujam ke Bumi, jika asteroid ini tertarik oleh lubang kunci gravitasi (gravitational keyhole) saat melintas antara Bulan dan Bumi.

Baca Juga: Pakar ITB Ingatkan Ancaman Tsunami di Jakarta, Warga Diminta Berdoa

Jika Bennu menabrak Bumi, efeknya tidak akan memusnahkan kehidupan seperti pada zaman dinosaurus. Peneliti NASA, Lindley Johnson mengatakan asteroid ini bisa membuat kawah yang besar jika menghantam Bumi.

Lebar kawah yang tercipta tergantung dari berapa diameter asteroid itu ketika bertumbukan dengan permukaan Bumi.

Jika diameter Asteroid Bennu berukuran setengah kilometer maka setidaknya kawah yang tercipta akan berukuran 5 kilometer, bahkan bisa mencapai 10 kilometer. Namun kehancurannya akan jauh lebih luas dari itu, yakni dapat mencapai 100 kali ukuran kawah, seperti dikutip dari Smithsonianmag. (lala/*)