Penceramah Yahya Waloni Ditangkap Bareskrim, Ini Kasusnya

Yahya Waloni ditangkap polisi (Istimewa)
Yahya Waloni ditangkap polisi (Istimewa)

DepokToday- Penceramah kontroversial, Yahya Waloni dikabarkan ditangkap oleh Bareskrim Polri. Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Yahya dibekuk di kediamannya, di kawasan Cibubur pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Dalam foto yang beredar luas, Yahya Waloni tampak memakai kopiah berwarna hitam dan batik lengan panjang.

Terlihat pula sejumlah penyidik berada di lokasi yang diduga berada di kediamanya, di Cibubur.

Pada foto lainnya, Yahya Waloni tampak masuk ke dalam mobil.

Yahya (Istimewa)
Yahya (Istimewa)

Dalam potret tersebut, wajah penceramah yang terkenal bersuara lantang ini tampak pasrah.

Sebagai informasi, Yahya dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme soal dugaan penistaan agama terhadap Injil. Yahya dinilai menista agama dalam ceramah yang menyebut Bible itu palsu.

Baca Juga: Empat Bulan Berlalu, Dugaan Korupsi Damkar Belum Juga Rampung, Ini Jawaban Kejaksaan

Kasus itu tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM. Yahya dilaporkan dengan dugaan kebencian atau permusuhan individu dan/atau antargolongan (SARA) pada Selasa 27 April 2021.

Ancaman Pasal Yahya Waloni

Dalam kasus ini, Yahya dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya menyebut bahwa Bible tak hanya fiktif, tapi juga palsu.

Di dalam LP tersebut, mereka disangkakan dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat (2) dan/atau Pasal 156a KUHP. (rul/*)