Penampakan Ikan Baung, ‘Monster’ Ciliwung yang Muncul Malam Hari

Ikan baung (DepokToday.com)
Ikan baung (DepokToday.com)

DepokToday- Baung adalah salah satu jenis ikan yang dapat ditemukan di aliran Kali Ciliwung. Bentuknya sekilas mirip dengan lele, namun ukurannya cukup besar. Data menyebutkan, bobot ikan ini bisa mencapai 80 kilogram dengan panjang sekira lebih dari 50 cm.

Romli, salah warga bantaran Ciliwung Depok mengungkapkan, ikan ini cukup sulit untuk didapat. Biasanya, ikan ini akan keluar pada malam hari.

“Ikan besar begini keluarnya malam. Siang biasanya ada di bebatuan,” katanya dikutip pada Kamis 19 Agustus 2021.

Ia mengatakan, biasanya untuk mendapatkan ikan asli Ciliwung ini dengan cara ditembak atau memancing dengan umpan jenis ikan kecil.

“Yang saya dapat ini ukurannya kurang dari 50 cm. Tapi ada yang lebih besar,” kata Romli.

Warga Depok memperlihatkan hasil tangkapan baung (DepokToday.com)
Warga Depok memperlihatkan hasil tangkapan baung (DepokToday.com)

Baung banyak tersebar di sejumlah wilayah Jawa dan Sumatera. Salah satunya diperairan Kali Ciliwung.

Dilansir dari wikipedia, baung adalah ikan air tawar yang dapat hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu.

Bahkan di Sungai Musi (Sumatra Selatan), baung ditemukan sampai ke muara sungai di daerah pasang surut yang berair sedikit payau.

Karakter Ikan Baung

Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di tempat-tempat yang letaknya di daerah banjir. Secara umum, baung dinyatakan sebagai ikan yang hidup di perairan umum seperti sungai, rawa, situ, danau, dan waduk.

Baung bersifat noktural, artinya aktivitas kegiatan hidupnya (mencari makan, dll.) lebih banyak dilakukan pada malam hari.

Baca Juga: Jurus Silat Jalan Enam, Beladiri Mematikan dari Sawangan Depok

Selain itu, baung juga memiliki sifat suka bersembunyi di dalam liang-liang di tepi sungai tempat habitat hidupnya. Di alam, baung termasuk ikan pemakan segala (omnivora).

Namun ada juga yang menggolongkannya sebagai ikan karnivora, karena lebih dominan memakan hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan kecil (Arsyad, 1973). Pakan baung antara lain ikan-ikan kecil, udang-udang kecil, remis, insekta, moluska, dan rumput. (rul/*)