Pemkot Depok Tolak Kegiatan Hari Pers Nasional 2020 di Alun-alun?

0
188
Rapat kegiatan Semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2020.(DepokToday/Bar)

BALAI KOTA-Kegiatan Semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang digagas sejumlah komunitas dan organisasi wartawan di Kota Depok, hingga kini belum mendapatkan kepastian dari pemerintah kota apakah boleh atau tidak menggelar acara tersebut di Alun-alun Kota Depok, kawasan Grand Depok City (GDC).

Belum terbitnya izin penggunaan lokasi itu, diakui oleh Ketua Panitia Semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Adie Rakasiwi.

“Hingga saat ini tidak ada surat balasan dari pihak Pemkot Depok ke panitia pelakasana HPN 2020. Diizinkan atau tidak, belum ada kepastian dari pihak pemkot,” ujar Adie, kepada DepokToday seusai rapat panitia di Balai Kota Depok, Jalan Margonda, Sabtu (22/02/2020).

Jika memang tidak diizinkan menggelar acara di Alun-alun Kota Depok, Adie akan mengalihkan kegiatannya di Balai Rakyat Depok Utara, Kecamatan Beji.

“Meski tidak mendapat kepastian, kami tetap melaksanakan Semarak HPN 2020. Tapi kami akan tetap menunggu surat balasan dari pihak pemkot yang informasinya akan muncul hari Senin (24/02/2020),” katanya.

Sebelumnya, DepokToday pernah memberitakan alasan mengapa Pemkot Depok tidak memberikan izin masyarakat mengadakan acara di alun-alun.

Dalam berita itu, Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), menolak pengajuan izin panitia turnamen Maspolin 3×3 Competition Depok 2020.

Surat yang ditandatangani Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, tanggal 10 Februari 2020, itu mengungkapkan tiga alasan mengapa instansinya menolak permohonan izin panitia pelaksana turnamen.

Pertama, pada waktu akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu) intensitas penggunaan kawasan oleh warga sangat tinggi, penggunaan fasilitas masih diprioritaskan untuk masyarakat umum.

Kedua, seluruh kawasan alun-alun masih berada dalam masa pemeliharaan oleh kontraktor pelaksana pembangunan.

Ketiga, pengelola kawasan alun-alun baru dapat mengakomodir event atau kegiatan yang diselenggarakan oleh dan/atau inisiasi pemerintah.(bar/rdt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here