Pemkot Depok Terus Kembangkan Situ Sebagai Destinasi Wisata

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat membersihkan tanaman eceng gondok di Situ Tujuh Muara saat peringatan Hari Kebersihan Dunia (World Cleanup Day), Minggu 19 September 2021. (DepokToday/Ade)
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat membersihkan tanaman eceng gondok di Situ Tujuh Muara saat peringatan Hari Kebersihan Dunia (World Cleanup Day), Minggu 19 September 2021. (DepokToday/Ade)

DepokToday – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memastikan, rencana pengembangan waduk atau Situ menjadi destinasi wisata akan terus digencarkan di masa pemerintahannya.

Penambahan-penambahan fasilitas pendukung pada 23 situ yang tersebar di Kota Depok menjadi fokusnya. Seperti salah satunya di Situ Tujuh Muara, Kecamatan Bojongsari.

“Kami berharap ada jogging track dan jalur sepeda yang mengelilingi Situ Tujuh Muara ini,” kata Imam usai melakukan bersih-bersih Situ dalam peringatan Hari Kebersihan Dunia (World Cleanup Day) di Situ Tujuh Muara, Minggu 19 September 2021.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Gratis di Depok, yang Terakhir Bikin Penasaran

Namun, kata Imam, masih banyak kendala yang dihadapi pemerintah dalam membangun dan mengembangkan Situ, salah satu diantaranya adalah tanah sekelilingnya yang telah berdiri bangunan-bangunan.

“Di Tujuh Muara sekarang ini terhalang lahan milik perumahan. Mudah-mudahan pengelola perumahan bisa memberikan pada kami untuk akses jogging track atau sepeda,” kata Imam.

Baca Juga: Ratusan Ikan Mati di Situ Gadog, TAR Depok: Usut Tuntas

Potret Situ yang beralih fungsi memang bukan cerita baru di Kota Depok, diakui Imam sendiri, dari sebelumnya kurang lebih ada 40-an Situ, kini hanya tersisa 23. Ada sedikitnya 17-an Situ hilang di Depok.

“Yang hilang itu sudah jadi perumahan,” kata Imam.

Untuk itu, selain upaya pelestarian lingkungan dan menjadikan destinasi wisata di Depok, menjaga dan merawat keasrian Situ juga sebagai upaya mengantisipasi tidak terjadi lagi penyusutan lahan Situ. “Mudah-mudahan bisa kita jaga dan tidak ada lagi penyerobotan oleh oknum terhadap Situ kita,” kata Imam. (ade/*)