Pemkot Depok Lelang Jabatan Sekda, Ini Syaratnya

Gedung Pemkot Depok (Foto: Depoktoday.com)
Gedung Pemkot Depok (Foto: Depoktoday.com)

MARGONDA- Lelang jabatan dengan posisi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan segera dibuka untuk umum. Namun tentu saja, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh peserta untuk dapat mengisi kursi orang nomor tiga di kota tersebut.

Saat ini, jabatan itu diisi oleh pejabat sementara (Pjs) Sekda, Sri Utomo.

Merujuk pada surat pengumuman Nomor: 800/003-PST / BKPSDM / V / 2021 tentang seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kota Depok, Tahun 2021, ada beberapa syarat untuk mengikuti lelang jabatan itu.

Di antaranya, berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah kabupaten / kota se-Jawa Barat. Kemudian, sekurang-kurang memiliki pangkat Pembina Tingkat 1 Golongan / Ruang IV / b, diutamakan dengan pangkat Pembina Utama Muda Golongan / Ruangan IV / c.

Syarat berikutnya adalah, sedang atau pernah berdiri Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) atau Jabatan Fungsional Madya sekurang-kurang dua tahun, berusia paling tinggi 56 tahun pada tanggal 1 Agustus 2021.

Baca Juga: Pemkot Depok Jangan Pakai Kekuasaan untuk Melawan Hukum 

Kualifikasi pendidikan minimal S1 / D-IV, diutamakan pendidikan S2 dari program studi berakreditasi minimal B, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II atau Diklat jabatan fungsional yang setara.

Semua biaya prestasi kerja sekurang-kurang bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

Tak hanya itu, calon Sekda juga wajib memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. Bagi pelamar yang berasal dari luar Kota Depok ditandatangi oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang (PyB), sedangkan yang dari Kota Depok ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Kemudian, tidak sedang dan / atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat dalam waktu tiga tahun terakhir yang ditandatangani oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian, serta sehat jasmani dan rohani.

Adapun tata cara pendaftaran, pelamar membuat surat lamaran yang melayani kepada panitia seleksi terbuka.

Surat lamaran dan kelengkapan berkas lainnya disampaikan kepada sekretariat panitia seleksi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Depok dalam format PDF melalui email:  [email protected] , paling lambat 24 Mei pukul 24.00 WIB.

Sementara dokumen PDF yang harus dilampirkan di daftar riwayat hidup, surat persetujuan dari PPK, SK kenaikan pangkat terakhir, SK pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II.b atau jabatan fungsional madya.

Lalu, ijazah pendidikan terakhir, surat tanda tamat pelatihan Diklat kepemimpinan tinggi pratama eselon II.b atau jabatan fungsional madya, target kinerja pegawai (SKP) tahun 2019 dan 2020.

Berikutnya, NPWP, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) tahun 2020, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), Formulir rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas.

Pakta integritas, surat keterangan tidak sedang dan / atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat, dalam waktu tiga tahun terakhir yang ditandatangani oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian, serta surat pernyataan bermateri Rp 10.000 yang menyatakan bahwa semua dokumen yang dilebihkan dalam berkas adalah benar.

Sedangkan jadwal seleksi yaitu, pengumuman pendaftaran 7-24 Mei 2021, pendaftaran dan penerimaan berkas 8-24 Mei, seleksi administrasi 25-28 Mei, pengumuman seleksi administrasi 31 Mei.

Lalu uji kompetensi 2 Juni, pemeriksaan kesehatan dan MMPI-2 7 Juni, pengumuman uji kompetensi 15 Juni, makalah 16 Juni, wawancara 21 Juni, dan pengumuman akhir pada 23 Juni.

Pelaksaan seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun. (rul/*)