Pemkot Depok Keluarkan Peraturan Wali Kota Untuk PTM Terbatas

Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)

DepokToday – Rencana Pemerintah Kota Depok untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas di masa pandemi COVID-19 semakin matang. Peraturan untuk mendukung kelancaraan kegiatan itu telah dibuat.

Aturan itu berupa Peraturan Wali Kota Depok Nomor 66 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas di Masa Pandemi COVID-19.

Peraturan yang ditandatangani tanggal 20 September 2021 itu dibuat untuk menjadi pedoman pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dalam rangka PTM Terbatas di masa pandemi COVID-19.

“Sebelum dilaksanakan PTMT, kepala Satuan Pendidikan (sekolah) wajib mengisi dan atau memperbaharui daftar periksa sebagaimana tercantum dalam peraturan ini,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam beleid tersebut.

Baca Juga: Simulasi PTMT Depok Hari Pertama, Siswa: Lebih Senang Dibanding PJJ

Sedikitnya ada tujuh poin yang harus disiapkan oleh pihak sekolah guna mendukung jalannya PTMT mulai dari kesiapan sarana prasarana, jaminan kesehatan di lingkungan sekolah hingga adanya kesepakatan bersama komite sekolah.

“Bagi satuan pendidikan yang belum memenuhi syarat daftar periksa, tidak diperkenankan PTMT,” kata Idris.

Idris mengatakan, pada pelaksanaannya, PTM Terbatas ini dilakukan dalam dua fase yakni fase transisi dan fase masa kebiasaan baru. “PTMT masa transisi dilakukan dengan memperhatikan zona/level daerah, sementara masa kebiasaan baru dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah,” kata Idris.

Dalam aturan itu juga, Idris mengatakan, pelaksanaan PTMT setiap siswa hanya dilakukan 2 hari dalam seminggu dengan durasi paling lama 2 jam perhari.

“Hari belajar lainnya dilaksanakan secara PJJ berdasarkan jadwal yang diatur oleh satuan pendidikan dengan pengaturan sesi,” kata Idris.

Adapun pemberlakuan aturan ini meliputi pendidikan formal: TK, SD, SMP hingga SMA sederajat, pendidikan nonformal: lembaga kursus, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, majelis taklim dan pendidikan anak usia dini jalur nonformal.

Terakhir, pendidikan khusus meliputi sekolah luar biasa dan satuan pendidikan khusus lainnya.

Sebagai informasi, sesuai rencana Dinas Pendidikan Kota Depok bakal menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di seluruh sekolah mulai Senin, 4 Oktober 2021. (ade/*)