Pemkot Depok Juara 3 BKN Award 2021, Wakil Wali Kota: Senang Banget

Kepala Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara, Tauchid Djatmiko (kanan) saat menyerahkan penghargaan BKN Award Tahun 2021 kepada Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (kiri), di Gedung Balai Kota Depok, Kamis 9 September 2021. FOTO: Istimewa.
Kepala Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara, Tauchid Djatmiko (kanan) saat menyerahkan penghargaan BKN Award Tahun 2021 kepada Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (kiri), di Gedung Balai Kota Depok, Kamis 9 September 2021. FOTO: Istimewa.

DepokToday – Pemerintah Kota Depok kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BKN memberikan penghargaan Kota Depok dalam kategori Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) Pemerintah Kota Tipe A.

“Senang banget ya dapat penghargan ini sebagai tanda bahwa kerja di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ini baik,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono usai menerima penghargaan di Gedung Balai Kota, dikutip dari situs resmi Pemkot Depok, Kamis 9 September 2021.

Dalam penghargaan BKN Award Tahun 2021 itu, Pemerintah Kota Depok menduduki peringkat ketiga setelah Pemerintah Kota Padang yang menduduki peringkat pertama dan Pemerintah Kota Pekanbaru peringkat kedua.

Baca Juga: Depok Diganjar Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah

Imam mengatakan, penghargaan ini yang diterima ini cukup bergengsi. Karena bisa mengungguli kota-kota lain dalam urusan kepegawaian.

“Ini bersaing dengan seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tentunya, sungguh luar biasa kita bisa menang,” tambah Imam.

Imam pun berharap, dengan adanya penghargaan ini kinerja BKPSDM bisa terus ditingkatkan. Dengan begitu, dapat mempertahankan dan memperoleh penghargaan yang lain di tahun berikutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Novarita mengatakan, penghargaan ini adalah kali pertama yang diterima Depok pada tingkat nasional, sepanjang penyelenggaraan kepemerintahan.

“Nanti kita juga mencoba untuk katagori yang lain, mudahan-mudahan bisa kita raih juga,” katanya.

Baca Juga: Depok Raih Predikat Nindya Kota Layak Anak, Netizen: 77 Persen Nggak Percaya

Novarita menyebut, dalam kunjungannya BKN juga menyampaikan sejumlah masukan untuk BKPSDM Kota Depok agar meningkatkan layanan kepegawaian yang dilakukan secara dalam jaringan (daring).

“Tadi BKN menyampaikan kedepan semua layanan kepegawaian itu dilakukan secara online, meminimalisir berkas. Kemudian, kedua mengganti moto, bukan pelayanan tepat waktu, tetapi pelayanan sebelum waktunya, layanan kepegawaian itu sudah selesai sebelum waktunya,” tutup Novarita.

Dengan diberikannya penghargaan BKN Award 2021 ini, turut menambah prestasi panjang yang diterima Pemkot Depok.

Berdasar informasi yang dihimpun Depoktoday.com, pada tahun 2021 ini, Pemkot Depok telah menerima sedikitnya 3 penghargaan, diantaranya Kota Layak Anak (KLA) Peringkat Nindya, penghargaan Bintang Triwulan Kabupaten Kota yang diraih Forum Anak Kota Depok dalam Triwulan Choice Award 2021.

Di bidang pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) pada 22 Februari 2021 dengan menyabet Penghargaan dalam hal Kinerja Pengurangan Sampah.

Terakhir, terkait Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020, Kota Depok mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat. (ade/*)