Pemkot Depok Buka Pendaftaran Jabatan Kepala Dinas, Simak Syaratnya

Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri. (Dok. Diskominfo)
Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri. (Dok. Diskominfo)

DepokToday – Pemerintah Kota Depok mulai melakukan open bidding (seleksi terbuka) terhadap lima jabatan kepala dinas dan badan di lingkungan pemerintah setempat.

Kelima dinas itu diantaranya, Badan Keungan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Melalui surat pengumumam panitia seleksi terbuka Nomor: 800/003-PST/BKPSDM/IX/2021tertanggal 29 September 2021, ada lima persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi calon peserta yang akan mengikuti seleksi kepala dinas.

“Berstatus Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Berusia paling tinggi 56 tahun pada tanggal 31 Desember 2021, Sehat Jasmani dan rohani, serta Tidak sedang atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir,” tulis Ketua Panitia Seleksi, Supian Suri dalam surat pengumuman tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Idris Rotasi Sejumlah Kepala Dinas, Begini Daftarnya

Supian melanjutkan, untuk persyaratan khusus ada dua jalur yang dapat ditempuh yaitu Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional. Bagi pejabat administrator wajib memenuhi tujuh kriteria diantaranya:

Memiliki pangkat minimal Pembina, Golongan Ruang IV/a (diutamakan memiliki pangkat Pembina Tingkat 1, Golongan Ruang IV/b), Eselon III.a (sedang atau pernah menduduki jabatan administrator paling kurang 2 tahun), Eselon III.b (sedang atau pernah menduduki jabatan administrator Eselon III.b paling kurang 3 tahun).

Persyaratan untuk mengikuti seleksi Kepala Dinas. (Depoktoday.com)
Persyaratan untuk mengikuti seleksi Kepala Dinas. (Depoktoday.com)

Pendidikan minimal S1/D4 (diutamakan pendidikan S2 dari Program Studi berakreditasi minimal B), Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, Mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian.

“Diutamakan pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 tahun,” kata Supian.

Sementara bagi pejabat fungsional, ada empat kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat mutlak diantaranya: Menduduki jabatan fungsional ahli Madya sesuai dengan bidang yang dilamar paling kurang 2 tahun, Memiliki pangkat Pembina Tingkat I (Golongan IV/b), Pendidikan minimal S1 (diutamakan pendidikan S2 dari Program Studi berakreditasi minimal B).

“Diutamakan telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Ahli Madya,” kata Supian. (ade/*)