Pemkot Depok Bakal Lakukan Swab Acak Saat PTM Terbatas, Hindari Klaster Sekolah

Simulasi PTMT di SDN 06 Beji (Foto: DepokToday)
Simulasi PTMT di SDN 06 Beji (Foto: DepokToday)

DepokToday – Meski masih dinilai aman sampai saat ini, Pemerintah Kota Depok tak ingin kecolongan adanya klaster sekolah karena pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas.

Salah satu langkahnya adalah bakal menggelar tes swab secara acak kepada warga sekolah setelah dua pekan melakukan PTM Terbatas atau tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi awal dengan Dinas Pendidikan, Kementerian Agama Kota Depok dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat terkait pelaksanaan swab acak ini.

“Sekolah akan dipilih atau diusulkan oleh Dinkes lalu disetujui oleh Dinas Pendidikan,” kata Umi seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, Selasa 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Cegah Klaster Sekolah, Ini Pedoman PTM Terbatas dari Pemkot Depok

Umi belum dapat memastikan berapa jumlah sekolah dan warga sekolah yang akan dilakukan swab acak ini di tiap-tiap sekolah, “Jumlah sekolah sedang proses, dari SMP sederajat hingga SMA sederajat,” kata Umi.

Namun yang jelas, kata Umi, sasaran swab acak ini adalah warga sekolah mulai dari guru, tenaga admin atau penunjang dan para siswa.

“Untuk jumlah sampel yang diambil berjumlah 10.730 sampel se-Kota Depok,” kata Umi.

Baca Juga: Kadisdik Sebut Sampai Desember, PTM Terbatas Masih Fase Transisi

Diketahui, Kota Depok mulai menjalankan PTM Terbatas sejak 4 Oktober kemarin. Selama satu pekan ini, Dinas Pendidikan Kota Depok pun memastikan pelaksanaannya yang diikuti seluruh jenjang pendidikan berjalan lancar dan aman. (ade/*)