Pemkot Depok Bangun Rumah Singgah Relawan Bencana, Ini Tujuannya

Gedung Pemkot Depok (DepokToday.com)
Gedung Pemkot Depok (DepokToday.com)

DepokToday – Rumah singgah bagi bagi Relawan Bencana Kota Depok disiapkan oleh Pemerintah Kota Depok di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Rumah singgah tersebut digunakan sebagai posko maupun home base bagi para relawan melakukan kegiatan sosial.

Melansir dari situs berita.depok.go.id, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri menjelaskan, rumah singgah menjadi salah satu fasilitas yang disiapkan Pemkot Depok untuk Relawan Bencana. Melalui inisiasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, para relawan bakal semakin dimaksimalkan keberadaannya.

“Rumah singgah akan menjadi tempat berkumpul, melakukan kegiatan mitigasi kebencanaan. Ini juga salah satu bentuk apresiasi kami kepada mereka,” papar dia.

Baca Juga: Pesugihan Bisa Dibatalkan, Begini Tipu Daya Setan Modus Penyembuhan

Saat ini, peningkatan kapasitas para relawan tengah dilakukan, setelah itu barulah mereka dapat menempati rumah singgah yang ada. Hal itu agar relawan dapat mengimplemetasikan pengetahuan yang didapatkan saat pelatihan.

Sementara itu Camat Beji, Hendar Fradesa mengatakan rumah singgah untuk relawan itu bakal berlokasi di RW 09 Kelurahan Pondok Cina.

Baca Juga: Sadis, Joker Sungguhan Tikam 17 Penumpang Kereta dan Bakar Gerbong, Motifnya Bikin Miris

“Kami kemarin memberikan masukan agar di Pondok Cina sebagai tempat rumah singgah. Karena wilayah Pondok Cina dekat akses Jalan Margonda Raya, Tol Cijago maupun Rumah Sakit Universitas Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Dukung Proyek Strategis Nasional di Depok, BPN: Jangan Dipermainkan

Dia menambahkan, besar harapannya dengan adanya rumah singgah untuk relawan bencana ini bisa memacu motivasi relawan untuk membantu pemerintah dalam penanganan kebencanaan, sehingga mitigasi bisa dilakukan sebelum terjadi bencana.

“Saat ini rumah singgah dalam proses perapihan. Setelah pembekalan rumah singgah akan siap digunakan para relawan,” (lala/*)