Pemerintah Sediakan 11 Jasa Telemedicine untuk Pasien Isoman

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan keterangan pers tentang PPKM Darurat secara virtual, Kamis 1 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan keterangan pers tentang PPKM Darurat secara virtual, Kamis 1 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden

DEPOK – Pemerintah melibatkan 11 jasa telemedicine swasta untuk melayani secara gratis pasien isolasi mandiri (isoman) dengan gejala COVID-19 ringan.

Dilansir dari Tempo.co, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, penyediaan jasa telemedicine sebagai upaya mengurangi tekanan terhadap kebutuhan perawatan di rumah sakit.

Menurut Luhut, layanan tersebut bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter agar memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Baca juga:[Update] Sebaran Kasus COVID-19 di Kota Depok, Senin 5 Juli 2021

Pemerintah mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam layanan telemedicine secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. “Saya ucapkan terima kasih karena Anda terpanggil untuk melaksanakan ini semua,” kata Luhut.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi memberlakukan PPKM darurat sebagai pengetatan aktivitas masyarakat mulai dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

Menurut Jokowi, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat mulai dari tingkat menteri kabinet hingga kepala daerah tiap-tiap kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

“Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan dan juga para kepala daerah, saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak tanggal 3 -20 juli 2021. Khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi, Kamis 1 Juli 2021.

Pemerintah mengaku akan mengerahkan seluruh kekuatannya guna mendukung terlaksananya PPKM darurat ini sebagai jawaban atas lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi beberapa hari kebelakang ini.

“Seluruh aparat negara, TNI, Polri, maupun aparatur sipil negara, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu membahu bekerja sebaik baiknya untuk menangani wabah ini,” kata Jokowi.

Berikut ini 11 daftar  jasa telemedicine yang dapat diakses pasien isolasi mandiri di rumah secara gratis:
1. Alodokter
2. Getwell
3. Good Doctor
4. Halodoc
5. Klik Dokter
6. KlinikGo
7. Link Sehat
8. Milvik Dokter
9. ProSehat
10. SehatQ
11. YesDok

(lala/*)