Pemerintah Pastikan Ketersedian Stok Vaksinasi COVID-19, Begini Upayanya

Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)
Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)

DepokToday – Target vaksinasi COVID-19 kepada 70 persen warga Indonesia menjadi salah satu upaya yang tengah dijalankan pemerintah pusat. Karena itu mereka terus memastikan ketersedian vaksin.

Saat ini pemerintah kembali mendatangkan vaksin tahap ke-114 berupa 69.030 vaksin Pfizer.

“Pemerintah optimis dapat mencapai target vaksinasi COVID-19 nasional, untuk itu perlu dukungan masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, dilansir dari situs covid19.go.id.

Usman mengungkapkan, hingga per 4 November 2021 sekitar 122 juta atau sebanyak 59,2 persen masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, dengan 77 juta di antaranya telah mendapatkan dua dosis. Untuk kelompok Lansia, 8,8 juta sudah mendapatkan dosis 1 dan sekitar 5,4 juta di antaranya sudah mendapatkan dosis 2 dari total sasaran 21,5 juta.

Baca Juga: Dituntut 13 Tahun Penjara, Terdakwa Pembunuh Istri Di Pondok Jaya Ajukan Pledoi

Sementara, untuk remaja terjadi peningkatan yang bagus, saat ini sudah sekitar 7,1 juta yang mendapatkan dosis pertama (26,6 persen), di antaranya, 4,5 juta sudah mendapatkan dosis kedua (17,1 persen)

Baca Juga: Jelang Pergantian Panglima TNI, Gatot Nurmantyo Bahas Utang Rp 1,5 Triliun

“Vaksinasi bukan sekadar upaya untuk melindungi diri, melainkan juga untuk melindungi keluarga dan seluruh masyarakat,” ujar Usman.

Baca Juga: Terungkap, Ini Penyebab Banjir dan Longsor di Sawangan Depok

Dalam kesempatan itu, Usman juga mendorong agar vaksinasi COVID-19 lansia terus ditingkatkan. Menurutnya, berdasarkan data dari satgas COVID-19 kelompok ini yang paling berisiko tinggi atau sekitar 46 persen kematian dari kelompok lansia.

Baca Juga: KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 24 Perjalanan KA Gratis Untuk Guru, Nakes dan Veteran, Sambut Hari Pahlawan

Usman kembali menegaskan, vaksin sudah terbukti aman. “Tunggu apa lagi, segera vaksinasi. Mari kita cegah lonjakan kasus gelombang ke tiga bersama-sama,” ujar Usman. (lala/*)