Pemerintah Belanda Dukung Wujudkan Depok Lama Heritage

Duta Besar Belanda Lambert Grijns saat mengunjungi pemakaman kamboja, salah satu peninggalan Belanda yang ada di Depok. (Depoktoday.com)
Duta Besar Belanda Lambert Grijns saat mengunjungi pemakaman kamboja, salah satu peninggalan Belanda yang ada di Depok. (Depoktoday.com)

DepokToday – Pemerintah Belanda mendukung penuh upaya Pemerintah Kota Depok menjadikan kawasan Depok Lama sebagai pusat sejarah Belanda di kota ini.

Dukungan itu ditandai dengan datangnya Duta Besar Belanda Lambert Grijns ke Kota Depok pada Kamis 11 November 2021.

“Kami sangat senang, dari pihak Wali Kota mau melakukan ini (membangun kawasan Depok Lama). Kami mengucapkan terima kasih dan ingin kerjasama dalam usaha itu,” kata Lambert disela kunjungannya.

Lambert mengatakan, meski baru pertama datangi kawasan Depok Lama, namun dirinya mengaku takjub dengan masih terpeliharanya warisan budaya Belanda disana.

“Saya pertama kali datang ke Depok Lama. Disini ada Belanda Depok, generasi ke-10 Cornelis Chastelein. Ini istimewa sekali,” kata Lambert.

Lambert tidak sendiri, ia didampingi oleh Direktur Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Yolande Melsert. Ia pun bakal meminta Erasmus Huis ikut berkontribusi dalam upaya Pemerintah Kota Depok.

“Erasmus Huis ini ada program Cultural Heritage. Di dalam program itu ada kesempatan kerjasama. Di UI juga ada pakar terkait Depok Lama,” kata Lambert.

Namun begitu, lanjut Lambert, bukan uang yang bakal digelontorkan oleh Pemerintah Belanda, melainkan sumbang ilmu dan pemahaman sejarah.

“Saat ini belum berbicara tentang uang. Mungkin kita bisa kerjasama di bidang penelitian dan knowledge kebudayaan,” kata Lambert.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, pengembangan kawasan bersejarah Depok Lama sedang dalam proses penjajakan.

Pemerintah Kota Depok sejauh ini telah berkoordinasi dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Kedutaan Belanda untuk memuluskan prosesnya.

“Tentunya dengan media untuk mengangkat Depok bisa menjadi bagus dan bisa dikenal nah itulah yang sedang kita galakkan,” ujar Dadan.

Dadan menyebutkan, kajian-kajian penelitian sedang dilakukan untuk menjadikan kawasan bersejarah Depok Lama sebagai kawasan Cagar Budaya. Kajian tersebut nantinya juga bekerja sama dengan pemerintah pusat.

“Memang tidak mudah mengubah suatu kawasan maka dari itu perlu kita kaji terlebih dahulu dan perlu ada sosialisasi juga ke warga yang ada di kawasan tersebut. Nantinya kita akan kerja sama juga dengan pemerintah pusat,” kata Dadan. (ade/*)