Pelawak Nurul Qomar Menderita Kanker Usus Stadium IV, Harus Jalani Kemo 6 Bulan

Nurul Qomar (Tangkapan layar Youtube Ini Talk Show)
Nurul Qomar (Tangkapan layar Youtube Ini Talk Show)

DepokToday – Komedian senior yang juga politikus, Nurul Qomar didiagnosis menderita kanker usus stadium 4C, yang menyebabkan dirinya harus menjalani kemoterapi 2 kali dalam sebulan selama 6 bulan.

Dilansir dari Suara.com, Qomar menceritakan awal mula penyakitnya itu ketahuan, ketika dirinya mengeluhkan tidak bisa buang angin dan buang air besar selama satu bulan.

“Keras dan mau pecah,” kata Qomar.

Setelah berkonsultasi dengan dokter ahli, pria yang sempat mencalonkan sebagai Wali Kota Depok dalam Pilkada 2020 itu didiagnosis menderita kanker usus hingga tak bisa lagi BAB melalui anus.

“Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C,” katanya.

Mantan anggota DPR RI dua periode itu mengatakan, bukan pola makan yang menyebabkan dirinya terkena kanker usus, melainkan faktor genetik.

Nurul Qomar (kanan dari arah pembaca) ketika mendaftar sebagai bakal calon wali kota Depok dari PDI Perjuangan.(Foto: Istimewa)

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama, scan, rontgen, dan semua proses semua medical dilalui. Kata dokter, ‘Pak Haji ada faktor genetika sudah lama’. jadi faktor genetika,” ujar Qomar.

Namun tidak dipungkiri salah satu pemicu faktor genetika itu muncul karena makanan. “Memang barangkali ada satu keadaan pola makan yang tidak sehat,” lanjut pelawak 61 tahun ini.

Kini untuk menyembuhkan kanker usus yang dideritanya, Qomar sudah tidak boleh mengkonsumsi mie instant.

“Saya sudah tidak bisa dan tidak boleh makan menu instan, mie instan. Kalau mau yang gurih-gurih bisa ayam kampung dibikin kaldu,” lanjut politikus Partai Nasdem itu.

“Kalau gurihnya, gurih instan nggak bisa lagi saya konsumsi. Karena secara perlahan tapi pasti itu pemicu sel sel kanker,” lanjutnya. (ade/*)