Pelantikan Idris-Imam Menemui Titik Terang

Acara deklarasi Idris-IBH.(Istimewa)

BALAI KOTA—Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok terpilih, Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono (Idris-Imam), akhirnya mendapat titik terang.

Pelantikan dua pimpinan Kota Depok ini dijadwalkan akhir Februari mendatang dan dilaksanakan secara virtual. Namun tanggal pelaksanaanya belum pasti.

Informasi ini diperoleh setelah adanya rapat koordinasi dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, memastikan pelantikan wali kota dan wakil wali kota Depok akan dilakukan di akhir bulan ini.

“Yang jelas akhir Februari, tanggalnya belum pasti, nanti kalau kami sebut salah lagi. Intinya empat atau lima hari sebelum pelantikan akan disurati dari Kemendagri aturan-aturan sampai detail teknis pelantikan,” pungkasnya.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/pelantikan-ditunda-warga-pendukung-idris-imam-kirim-layang-kangen-untuk-kemendagri/

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Depok, Sri Utomo, mengungkapkan, teknis pelantikan Idris-Imam akan dilakukan secara virtual.

“Nanti akan ada surat dari Kementerian Dalam Negeri, bahwa teknis pelantikan akan dilakukan di ibu kota provinsi secara virtual, tapi wali kota dan wakil wali kota terpilih tetap di daerahnya masing-masing,” ujar Sri Utomo kepada wartawan, Selasa 16 Februari 2021.

Ia menjelaskan, pelantikan Idris-Imam nantinya berbarengan dengan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di 122 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Itu mengacu pada UU Nomor 10/2016, yaitu ruhnya adalah keserentakkan. Pilkada dilaksanakan serentak, maka pelantikan juga serentak. Itu kata Kemendagri. Ini kami sampaikan sesuai hasil rapat yang diundang oleh Kemendagri,” katanya.

Diutarakannya, pertimbangan pelaksanaan pelantikan secara virtual adalah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Nanti apakah Pak Idris dan Pak Imam mengikuti pelantikan secara virtual di balaikota atau di mananya, akan kami bahas lebih lanjut. Tapi yang jelas pelantikan akan dilakukan secara virtual,” paparnya.

(eru)