Pekerja Sibuk Wajib Coba Nih Cara Tidur Ala Militer, 2 Menit Efektif

Ilustrasi bangun tidur, kebiassan bikin otak fokus. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi bangun tidur, kebiassan bikin otak fokus. (Foto: Istimewa)

DepokToday- Metode tidur ala militer mungkin bisa jadi solusi bagi mereka yang beraktivitas padat. Hanya butuh waktu dua menit atau kurang, tapi metode ini efektif mengistirahatkan tubuh.

Dilansir dari express, dalam buku Lloyd Bud Winter Relax and Win: Championship Performance, ada tujuh langkah sederhana untuk tertidur dalam waktu kurang dari dua menit.

Pertama, rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut. Kemudian turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan yang menumpuk, biarkan tangan jatuh di samping tubuh.

Bayangkan pemandangan yang menenangkan di pikiran, setidaknya selama 10 detik. Jika imajinasi bukan keahlian Anda, ulangi frasa ‘jangan berpikir’ berulang-ulang.

Baca Juga: Persiapan PTM, Disdik Depok Pantau Sekolah Hingga Sosialisasi ke Orang Tua

Namun, menurut penelitian, bagi orang awam bisa memakan waktu hingga enam minggu untuk latihan tidur militer.

Mengutip bisnis, teknik ini pertama kali dikembangkan untuk membantu personel tentara tertidur dalam kondisi berbahaya.

Salah seorang pakar menjelaskan, bahwa menutup mata berkualitas baik membuat perbedaan besar pada perasaan, secara mental dan fisik.

Salah satu cara paling efektif untuk tertidur dengan mudah pada waktunya adalah dengan masuk ke dalam rutinitas sehari-hari.

Jika merasa tegang saat mencoba untuk tidur, jangan memaksakan diri untuk tidur.  Maka dari itu, lingkungan yang tepat juga jadi faktor agar dapat tidur lebih nyenyak. (rul/*)