Pedri Dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Eropa 2020

Pedri, pemain muda turnamen Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)
Pedri, pemain muda turnamen Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

LONDON—Tim Pengamat Teknis UEFA di Piala Eropa 2020 telah menunjuk Pemain Spanyol, Pedri, sebagai pemain muda turnamen edisi 16 ini.

Pedri, yang berusia 18 tahun, hanya memenangkan empat caps senior sebelum turnamen tetapi hanya melewatkan satu menit dari kampanye La Furia Roja, keluar pada akhir perpanjangan waktu di perempat final melawan Swiss yang kemudian dimenangkan Spanyol melalui adu penalti.

DIBACA JUGA: Cristiano Ronaldo Menangkan Top Skor Piala Eropa 2020

Dikutip uefa.com, ini statistik Pedri di Piala Eropa 2020: Menit bermain: 629, Jarak yang ditempuh: 76.1km, Jarak yang ditempuh dalam penguasaan bola: 38.23, km, Lulus selesai: 92,3%.

Aksi Pedri di Piala Eropa 2020 ketika menghadapi Swedia.(Foto: Twitter)
Aksi Pedri di Piala Eropa 2020 ketika menghadapi Swedia.(Foto: Twitter)

Pedri menerima pujian luas untuk penampilannya yang luar biasa, terutama dalam kekalahan semifinal dari Italia ketika ia menyelesaikan 65 dari 66 operan yang ia coba selama beraksi 120 menit.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique.(Foto: Twitter Euro2020)
Pelatih Spanyol, Luis Enrique.(Foto: Twitter Euro2020)

“Apa yang telah dilakukan Pedri di turnamen ini, pada usia 18 tahun, belum ada yang melakukannya. Bahkan Andres Iniesta tidak melakukannya; itu luar biasa, unik,” ujar Pelatih Spanyol, Luis Enrique.

DIBACA JUGA: Luis Enrique Ingin Skuat Spanyol Seperti Ini di Piala Dunia 2022

Perjalanan Spanyol di turnamen yang berlangsung di 11 kota ini hanya sampai semifinal. Tim Matador tumbang dari Italia lewat adu penalti 4-2 [1-1] di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu 7 Juli 2021 dini hari WIB.

Penilaian

Pemain kelahiran atau setelah 1 Januari 1998 adalah syarat untuk meraih penghargaan ini. Penampilan sepanjang turnamen, baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim, dipertimbangkan saat memilih pemenang.

Pengaruh pemain terhadap penampilan timnya, serta bermain dengan sikap positif dan dengan RESPECT, juga diperhitungkan.

Pemenang pemain muda sebelumnya, Piala Eropa 2016: Renato Sanches (Portugal). DIBACA JUGA: Eksekusi Penalti Olmo dan Morata Gagal, Italia ke Final Piala Eropa 2020

Sedangkan Pengamat Teknis UEFA yang menjadi pengambil keputusan, yakni Packie Bonner, Esteban Cambiasso, Fabio Capello, Cosmin Contra, Corinne Diacre, Jean-Francois Domergue, Dusan Fitzel, Steffen Freund, Frans Hoek, Aitor Karanka, Robbie Keane, Gines Melendez, David Moyes, Mixu Paatelainen, dan Peter Rudbaekstein.

(tdr/*)