Pedagang Diimbau Segera Daftar ke PPTMD untuk Jualan di Pasar Kemirimuka

Pedagang Pasar Kemirimuka kompak membantah kabar hoak tentang penggusuran.(DepokToday/Hen)

KEMIRIMUKA-Pedagang Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, diimbau segera mendaftarkan diri ke posko Perkumpulan Pedagang Tradisional Margonda Depok (PPTMD) agar dapat berjualan di pasar tradisional tersebut.

Ketua Perkumpulan PPTMD, Yaya Barhaya, mengatakan, setelah melakukan survei dan pendataan selama ini ternyata mayoritas pedagang memberikan dukungan pembenahan pengelolaan hingga pembangunan Pasar Kemirimuka.

Dia mengatakan PT Petamburan Jaya Raya merupakan pemilik yang sah atas lahan Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji,.sesuai dengan Putusan Lembaga Negara dimana sudah 10 kali menang dan 3 kali Inkrah.

PT Petamburan Jaya Raya pemilik lahan Pasar Kemirimuka yang sudah diputus oleh Lembaga Negara Republik Indonesia. Putusan Pengadilan Negeri Bogor, Pengadilan Depok hingga Mahkamah Agung yang memenangkan PT Petamburan Jaya Raya atas Pasar Kemirimuka merupakan putusan negara yang sah dan kuat sehingga tidak bisa diganggu gugat.

Atas dasar itu maka PT Petamburan Jaya Raya berhak melakukan pengelolaan hingga pembangunan Pasar Kemirimuka di Kota Depok.

“Setelah kami melakukan survei dan melakukan pendataan ternyata mereka para pedagang mendukung 100 persen pembangunan Pasar Kemirimuka,” katanya.

Menurutnya, para pedagang memberikan dukungan pelaksanaan pembangunan Pasar Kemirimuka karena saat ini kondisi Pasar Kemirimuka yang kotor dan sering banjir sehingga berdampak pada para pedagang.

Yaya menambahkan, sebagai upayanya dia bersama seluruh anggota PPTMD melayangkan surat kepada pihak Pengadilan Negeri Depok untuk melaksanakan pembacaan deklarasi eksekusi.

“Makanya kami dari PPTMD telah melayangkan surat kepada Pengadilan Negeri Kota Depok agar segera melakukan pembacaan deklrasi eksekusi di lokasi Pasar Kemirimuka,” ulasnya.

Yaya menyangkal kalau PPTMD melakukan hal tersebut untuk menguasai lahan Pasar Kemirimuka, akan tetapi hanya untuk menata pasar Kemirimuka lebih baik.

Untuk sampai saat ini ada sekitar ratusan pedagang yang mengembalikan formulir PPTMD untuk penataan Pasar Kemirimuka Kota Depok.

Dia mengimbau kepada para pedagang Pasar Kemirimuka untuk secepatnya mendaftarkan diri dengan mendaftarkan diri di kantor sekretariatan PPTMD di parkir barat Pasar Kemirimuka.

“Kami imbau kepada para pedagang pasar Kemirimuka untuk secepatnya mendaftarkan diri ke Kantor Sekretariat PPTMD untuk mendapatkan dan membeli los atau kios di Pasar Kemirimuka jika ada pembangunan,”katanya.

Pedagang lainnya dari PPTMD, H. Shalum, juga mengakui Pasar Kemirimuka yang berada di jantung Kota Depok sepatutya ditata serta dibangun menjadi pasar tradisional yang lebih baik.

“Ya kalau kami ditanya Pasar Kemirimuka dibangun ya kami dan pedagang lainnya setuju pastinya,” singkatnya.

“Siapa sih yang engak mau Pasar Kemirimuka dibangun, kami rasa semua pedagang mendukungnya,” tambahnya.

Kuasa Hukum PT Petamburan Jaya Raya Saor Siagian SH MH menegaskan jika ada pihak seperti pejabat Pemkot Depok dan pedagang serta pihak yang mengatakan kalau lahan Pasar Kemirimuka milik negara merupakan pernyataan yang tidak benar.

Dia mengatakan disini sudah jelas bahwa PT Petamburan Jaya Raya pemilik lahan Pasar Kemirimuka yang sudah diputus oleh Lembaga Negara Republik Indonesia.

Dikatakannya pula, seharusnya Pemkot Depok mematuhi putusan hukum yang merupakan putusan Lembaga Tertinggi di Indonesia.

Lembaga Negara sudah memenangkan PT Petamburan Jaya Raya 10-0 dan Putusan Inckrah tiga kali sehingga PT Petamburan Jaya Raya sah dan kuat atas putusan tersebut.

(hen)