PDIP Godok Perda Pesantren untuk Depok, Ini Tujuannya

Sekertaris DPC PDIP Depok, Ikravani Hilman (Istimewa)

MARGONDA- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Depok, fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sedang fokus menyusun rancangan peraturan daerah atau Raperda terkait pesantren.

Ketua Komisi A DPRD Depok, Ikravani Hilman menyebut, usulan itu dimaksudkan agar ada intervensi dari pemerintah kota yang salah satunya adalah tentang pengembangan karakter dalam bidang akademik santri.

Baca Juga: Besok, 10 Pejabat Depok Disuntik Vaksin Sinovac

“Ini usulan fraksi PDIP. Kan ada undang-undang tentang pesantren, nah kita bikin turunannya,” jelasnya, Rabu 13 Januari 2021

Sekertaris DPC PDIP Depok itu mengatakan, dalam undang-undang disebutkan bahwa ada kewajiban atau delegasi ke pemerintah kota untuk melakukan beberapa hal, termasuk diantaranya soal fasilitas atau sarana prasarana.

Atas dasar itulah, kata Ikra, PDIP melihat dua point yang harus jadi perhatian, dan itu akan diperkuat jika Perda Pesantren disahkan.

“Kita ingin memastikan dua hal, yang pertama kita ingin lulusan pesantren memiliki kelengkapan diri untuk bisa bermanfaat bagi warga sekitar,” katanya

“Jadi, santri itu bukan cuma belajar agama tapi juga punya skill atau keahlian lebih, seperti misalnya komputer, IT dan lain sebagainya,” timpalnya lagi

Ia berharap, dengan adanya intervensi itu nantinya lulusan pesantren tidak hanya pintar dalam urusan agama, tapi juga memiliki daya saing pada bidang teknologi dan lain sebagainya.

“Itu konsen kami. Kemudian yang kedua di undang-undang kan dijelaskan mengenai fungsi pesantren, peran pesantren dan lain-lain, nah itu ditegaskan prinsip-prinsip kebangsaan, pancasila, NKRI, kebhinekaan itu harus jadi prinsip-prinsip pelaksanaan pesantren.”

Lebih lanjut Ikra menuturkan, saat ini pihaknya sedang menggodok naskah akademik terkait raperda itu dan ditargetkan rampung pada tahun ini.

“Intinya kami juga mendapat dorongan dari berbagai kelompok masyarakat, kemudian ini juga jadi konsen kami terkairt pesantren di Kota Depok,” katanya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here