PD Muhammadiyah, LazisMu dan Pemkot Depok Bersatu Hadapi Covid-19

PD Muhammadiyah dan LazisMu bagikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19.(Istimewa)

MARGONDA-Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Depok membuat “Gerakan Ta’awun Peduli Covid-19″. PD Muhammadiyah menggandeng Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) serta Pemkot Depok dalam gerakan sosial ini.

“Melalui Gerakan Ta’awun Peduli Covid-19, PD Muhammadiyah mengajak kesadaran publik dalam memutus mata rantai virus corona di Kota Depok,” jelas Ketua Umum PD Muhammadiyah Kota Depok, H. Idrus Yahya, saat diskusi pembekalan relawan Organisasi Otonom (Ortom) PD Muhammadiyah Kota Depok tentang Pengembangan Amanah Kemanusiaan Dalam Hadapi Pandemic Corona di Kantor LazisMu Kota Depok, Jalan Margonda, Kamis (22/4/2020).

Untuk itu, Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC) Kota Depok, turut mengambil langkah dalam membantu pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas di masyarakat.

“MCCC dari tingkat pusat hingga ranting berupaya memutuskan mata rantai Covid-19 melalui Gerakan Nasional Ta’awun Peduli Covid-19,” beber Ketua MCCC kota Depok, Suhendra.

Ia mengatakan, dalam melaksanakan gerakan tersebut, MCCC bekerjasama dalam koordinasi dengan pemerintah kota Depok melalui Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid 19 Depok, Muhammadiyah dan LazisMu Depok.

“Gerakan Ta’awun Peduli Covid-19 sebagai gerakan Muhammadiyah peduli sesama di tengah wabah Covid-19 ini adalah upaya membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat terdampak Covid-19 dalam menjangkau kebutuhan selama terjadinya wabah,” kata Suhendra melalui keterangan tertulis kepada DepokToday, Rabu (22/4/2020) malam.

Menurutnya, upaya yang dilakukan MCCC Kota Depok dalam pencegahan Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah.

“Kami melakukan pembatasan sosial, penyemprotan disinfektan yang dilakukan di 25 tempat ibadah di Kota Depok, 12 sekolah, amal usaha Muhammadiyah Depok, membagikan 1.100 pcs masker yang terhimpun dari semua ranting dan cabang Muhammadiyah Depok,” katanya.

Kemudian, sambungnya, sebanyak 956 paket pangan dibagikan ke 20 titik sebaran Kota Depok, antara lain Beji Timur, Depok Barat, PRA Suka Maju, Pasir Putih, Sukatani, Kukusan Dua, Bedahan, Cisalak, PCA Cimanggis, Mampang, Sawangan dan Kp Pulo dan beberapa wilayah kecamatan Kota Depok.

“Selain itu memproduksi sebanyak 1.800 liter cairan disinfektan, yang sudah terbagi ke sekolah dan masyarakat umum, secara mandiri untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Aksi Berbagi MCCC Kota Depok bersama LazisMu.(Istimewa)

Suhendra berpesan agar seluruh warga agar tetap mematuhi protokol kepatuhan masyarakat Depok dengan membagikan dan pendirian baliho pendidikan dan ajakan kepatuhan masyarakat dalam memutus mata rantai Corona. “Kami telah menyebarkan baliho di 8 titik sentral kota Depok,” ungkap Suhendra.

Di samping itu, MCCC Kota Depok akan siap memberikan bantuan dan edukasi ke masyarakat secara berkelanjutan, terutama kepada perempuan dan anak, serta mereka yang membutuhkan perhatian khusus di antaranya ibu hamil, balita, lansia, difabel, dhuafa dan mustadh’afin.

“Serta edukasi masyakat dalam menghadapi ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan kosong dijadikan ladang produktif selagi masa berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar ini,” tukasnya.

Suhendra berharap, Gerakan Ta’awun ‘ Peduli Covid-19 ini sebagai usaha merekatkan kembali antar warga bangsa di tingkat basis.

(ale)