Paspampres Tembak Jatuh 15 Drone yang Dekati Jokowi di Papua

Ilustrasi Paspampres melumpuhkan drone (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Paspampres melumpuhkan drone (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sebanyak 15 drone atau pesawat tanpa awak, berhasil dilumpuhkan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres saat acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, beberapa hari lalu.

Sikap tegas itu dilakukan Paspampres untuk mencegah hal yang tak diinginkan, terlebih acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Viral, Pria Ini Babak Belur Dianiaya OTK di Cilangkap Depok

Nah rupanya aksi Paspampres melumpuhkan sejumlah drone liar itu viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang memposting detik-detik petugas menindak drone tersebut adalah warungjurnalis.

“Jadi saat pembukaan #PONXXPapua2021 kemarin, ada personel Paspampres yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone,” sebut pelapor dalam unggahan tersebut dikutip pada Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Terungkap, Inikah Sebab Tuyul Enggan Curi Uang di Bank?

Melansir Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018, penghentian pengoperasian dalam bentuk menjatuhkan pada area yang aman, termasuk dalam pengenaan sanksi.

Salah satunya karena drone tidak disetujui atau beroperasi tidak sesuai persetujuan yang diberikan.

Mengenal Alat Paspampres untuk Melumpuhkan Drone

Melansir nextren.grid.id, salah satu alat pelumpuh drone yang biasa digunakan militer adalah Drone Gun Tactical Jammer. Alat ini mengadopsi model man portable.

Secara khusus, alat ini menyerang jalur komunikasi dan kendali drone lewat frekuensi.

Baca Juga: Dinsos Depok Minta Penanganan Manusia Silver Lintas Dinas

Untuk menggunakannya relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat diinvestigasi. (rul/*)