Pasar Kemirimuka Aset Negara!

MARGONDA-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok masih menyatakan Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, masih terdaftar dan tercatat sebagai aset negara.

“Kami katakan Pasar Kemirimuka masih menjadi bagian dari aset Pemkot Depok,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Kania Parwanti, belum lama ini.

Kania berkata, Pasar Kemirimuka fungsinya sudah menjadi pasar induk dimana barang didistribusikan ke sejumlah wilayah Jabodetabek, sesuai dengan kajian Pemkot Depok sebagai Kota Barang dan Jasa.

“Pasar kemirimuka sudah lama berada disini kita yang bisa jual bukan pasarnya saja akan tetapi bisa menjadi destinasi atau tujuan wisata belanja,” katanya.

Dalam mewujudkan hal itu maka ada peranan pihak swasta dan pedagang dalam upaya mengembangkan pasar Kemirimuka menjadi pasar yang aman, nyaman.

“Sehingga pedagang bisa dagang dengan aman dan bisa meningkatkan ekonomi mereka,” katanya.

Dia berharap, adanya pertemuan antara pedagang, PT Petamburan Jaya Raya dan Pemkot bisa menghasilkan solusi Pasar Kemirimuka.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menambahkan kendati pemkot kalah dalam kasasi di MA, pihaknya memiliki bukti lahan Pasar Kemirimuka adalah tanah negara.

“‎Kita masih mendapatkan surat (yang) ‎menjelaskan bahwa tanah ini adalah tanah negara,mereka (PT Petamburan) hanya punya hak guna bangunan,” ujar Idris.

Menurut dia, Hak Guna Bangun (HGB) PT Petamburan sudah habis pada 1997. Selanjutnya belum diperpanjang.

“Kalau memang ini tanah negara, dia harus memperbarui izin HGB,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika penggusuran dilakukan, bangunan pengganti harus tetap pasar tradisional yang modern. Dengan demikian, para pedagang lama bisa diakomodasi berdagang di pasar pengganti.

Pihak pemenang gugatan juga tak bisa membangun fasilitas lain selain pasar di lokasi tersebut. “Jadi pedagang tidak terusik,” tuturnya.

Sementara itu, Kerukunan Pedagang Pasar Kemirimuka Depok (KPPKMD)tetap menolak dilakukannya deklrasi eksekusi Pasar Kemirimuka.

“Kami tetap tolak deklarasi sidang eksekusi di Pasar Kemirimuka,” tandas Ketua KPPKMD, Karno Sumardo.(aji)