Pantes Dijuluki Malaikat Pencabut Nyawa, Ternyata Ini Ciri Pasukan Yon Taifib

Prajurit Yon Taifib (Foto: Istimewa)
Prajurit Yon Taifib (Foto: Istimewa)

DepokToday- Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki sejumlah pasukan khusus yang kemampuannya telah disegani bangsa asing. Salah satunya adalah Batalyon Intai Amfibi atau Yon Taifib.

Disitat dari berbagai sumber, Yon Taifib merupakan satuan elit Korps Marinir TNI AL yang memiliki spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi (Amphibious reconnaissance) dan Pengintaian Khussus (Special reconnaissance).

Kesatuan ini dianggap sebanding dengan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus dalam jajaran TNI Angkatan Darat. Sebelumnya satuan tersebut dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi).

Berenang dengan Tangan dan Kaki Terikat Sejauh 3 Km

Nah, pasukan khusus Yon Taifib ini diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 kilo meter.

Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk kedalam Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), pasukan elitnya TNI Angkatan Laut.

Merujuk pada data wikipedia, ada sejumlah ciri prajurit Yon Tiafib. Berikut ulasannya:

1.Didapatkan melalui seleksi yang ketat, berasal dari prajurit Marinir pilihan yang mempunyai kemampuan fisik prima, serta mempunyai tingkat psikologi standar Pasukan Khusus sesuai tuntutan.

2.Rasio pasukan Taifib selalu jauh lebih kecil dari pasukan biasa/reguler, karena dalam tugas-tugas khusus dituntut kecepatan, kerahasiaan yang tinggi, keakuratan, keuletan, disiplin lapangan serta keberhasilan tugas.

Pasukan YonTaifib (Foto: Istimewa)
Pasukan YonTaifib (Foto: Istimewa)

3.Dididik dengan ketat dan keras melalui beberapa tahap, dimana setiap tahapan yang dibuat untuk mengukur tingkat kesiapan siswa dan melanjutkan proses penggemblengan untuk menjadi calon prajurit Taifib

Baca Juga: Di Atas Rata-rata Tentara, Ini Kemampuan Wajib Seorang Paspampres yang Bikin Geleng-geleng

4.Dilatih secara khusus mengikuti program yang ketat dengan tingkat risiko yang tinggi.

Hal tersebut tergambar dalam program berupa pembinaan yang keras, pembinaan mental dengan tingkat stressing yang tinggi, pembinaan berbagai keterampilan khusus yang dikondisikan seperti dalam tugas sebenarnya.

Latihan-latihan tersebut meliputi kemampuan dalam aspek yang harus dilaksanakan, yaitu di laut, darat dan udara.

Ciri Prajurit Yon Taifib

5.Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas secara berdiri sendiri, dari induk pasukan dalam artian mampu melaksanakan survival secara tim maupun perorangan.

Tak hanya itu, pasukan yang dijuluki Yamadhipati atau Malaikat Pencabut Nyawa ini harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan mampu mengatasi tekanan mental di daerah penugasan.

Setiap prajurit yang tergabung di sana harus memiliki kemampuan infiltrasi dan eksfiltrasi ke atau dari daerah musuh melalui media, antara lain free fall dengan sistem HALO dan HAHO, STABO/SPIE, berenang, menyelam, serta salah satu kemampuan bawah air atau combat swimmer melalui peluncur torpedo kapal selam. (rul/*)