Panik Disergap TNI, OPM Lari ke Jurang Sampai Tinggalin Senjata

Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)
Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)

DepokToday- Pasukan Satgas Yonif Para Raider 501/BYYonif Para Raider 501/BY TNI terus menerabas masuk hutan Papua. Mereka memburu OPM atau kelompok separatis teroris (KST).

Aksi pengejaran TNI terhadap OPM semakin gencar usai serangan di posramil beberapa hari lalu. Dari pengejaran itu, dua terduga pelaku telah dibekuk.

Tak hanya itu, dalam waktu relatif singkat, pasukan elit TNI ini juga berhasil melucuti senjata OPM di Kampung Bugapa Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya Papua, pada Sabtu 4 September 2021.

Dilansir dari tnimil.ad, Dansatgas Yonif Para Raider 501/BY Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam keterangan tertulisnya  mengatakan, Tim Dalpur yang terlibat dalam operasi di Kampung Bugapa Distrik Sugapa dipimpin langsung oleh Lettu Inf Yulian Nugroho.

Operasi itu merupakan tindaklanjut kegiatan dari Operasi Bajra 10 yang dikeluarkan untuk mencari dan menyekat pergerakan kelompok KST yang berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

Dari penelusuran, Tim Dalpur berhasil mengamankan 1 pucuk pistol P1 milik KST dan beberapa barang bukti perlengkapan perang lainnya dalam pembersihan yang dilaksanakan pada Sabtu pagi.

Menurut Dansatgas, perburuan KST yang terjadi di Kampung Bugapa merupakan buah dari kesabaran dalam memperhatikan situasi dan kondisi wilayah melalui patroli dan taktik operasi lainnya.

“Dengan adanya sasaran dicurigai yaitu sebuah honai (rumah adat Papua) yang terdapat beberapa orang diduga kelompok KST berada di honai tersebut, lalu anggota Tim Dalpur segera mengatur posisi sesuai dengan perhitungan keadaan di lapangan,” katanya dikutip pada Senin 6 September 2021.

Panik Disergap TNI, OPM Lari Kejurang

Ketika dipantau, kata Dansatgas, terlihat sekelompok orang KST lari berhamburan ke jurang dekat honai yang dicurigai, anggota tim melaksanakan pengamanan di sekitar honai.

“Setelah itu melaksanakan pembersihan di dalam honai dan berhasil mengamankan 1 pucuk pistol P1 dan perlengkapan perang tradisional lainnya milik kelompok KST yang tertinggal,” katanya.

Senjata yang ditinggal OPM (Istimewa)
Senjata yang ditinggal OPM (Istimewa)

Baca Juga: Dikejar Pasukan Setan TNI, Nyali KKB Mendadak Ciut Sampai Begini  

“Ini merupakan keberhasilan dari Tim yang diawaki prajurit Bajra Yudha yang terpilih dalam memberikan rasa aman bagi warga dari aksi teror kelompok separatis teroris Papua,” timpalnya lagi. (rul/*)