Panglima TNI, Kapolri dan Menteri Jokowi Bakal ke Papua

Panglima TNI dan Kapolri (Liputan6.com)

JakartaPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan kondisi Papua semakin membaik. Terakit hal itu, ia bersama Kapolri dan menteri terkait berencana akan melakukan pemantauan langsung pada Senin  7 Oktober 2019.

“Senin, Menkopolhukam, Panglima, Kapolri, Mensos, Menkes, Menteri BUMN dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena,” kata Hadi usai perayaan Hut TNI ke 74 di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 5 Oktober 2019.

Ia mengakui mendapat banyak laporan dari lapangan baik yang positif maupun yang negatif terkait Papua. Yang positif sebagian besar masyarakat Wamena menginginkan para pendatang yang mengungsi untuk kembali. “Jadi tetap di Wamena, Oksibil atau pun Ilaga,” ujarnya.

Selain itu, Hadi memastikan logistik bagi pengungsi yang masih bertahan di berbagai tempat yang terjadi bentrok massa sudah tercukupi.

“Alhamdulillah logistik tak masalah, dan bantuan kesehatan termasuk dapur lapangan di Wamena semua berjalan baik. Khusus di Wamena ada 3.800 pengungsi yang ada di Wamena yang ikut di Kodim, Koramil dan Polsek,” ungkapnya.

Hadi menambahkan, di Jayapura masih ada sekitar 8.600 pengungsi, namun yang ada di penampungan kurang lebih 3.500orang. “Yang lain ikut saudaranya yang ada di Jayapura. Banyak masyarakat Papua dan pendatang menginginkan bahwa permasalahan di Papua  segera tuntas dan keamanan bisa dikembalikan seperti sedia kala,” katanya.

Ia memastikan TNI menggelar kekuatan dalam rangka mendukung kepolisian di beberapa tempat termasuk di Jayapura dan Wamena. Tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa stabilitas keamanan terus akan terus dijaga.

“Sehingga perekonomian terus berjalan dengan baik. Kita sudah berkoordinasi dengan PUPR akan segera merehabilitasi gedung gedung rusak, termasuk akan dibangun hunian sementara untuk para pengungsi,” kata dia. (dar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here