Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara Mengundurkan Diri, Alasannya Bikin Ngakak

Dihadapan polisi, Alex Ahmad Hadi Ngala, warga Beji, Depok,mengaku telah mengundurkan diri sebagai Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara. (Foto: Depoktoday)
Dihadapan polisi, Alex Ahmad Hadi Ngala, warga Beji, Depok,mengaku telah mengundurkan diri sebagai Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara. (Foto: Depoktoday)

BEJI- Alex Ahmad Hadi Ngala, warga Beji, Depok mengaku telah lama mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara. Belakangan ini ia jadi sorotan karena kasusnya mirip dengan Sunda Empire.

Kapolsek Beji, Komisaris Polisi Agus Khaeron mengaku pihaknya telah melakukan introgasi pada Alex di rumahnya di kawasan Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, Depok pada Kamis malam, 6 Mei 2021.

Dari pertemuan itulah Alex mengaku pada polisi jika dirinya sudah tak ada kaitan dengan Kekaisaran Sunda Nusantara karena telah mengundurkan diri.

“Iya sudah mengundurkan diri dari tanggal 5 Mei karena dikhianati sama teman-temannya. Teman-teman yang mana kita juga nggak ngerti, nggak jelas orangnya,” kata Agus saat dikonfirmasi pada Jumat 7 Mei 2021

Agus mengaku sempat kewalahan meladeni perbincangan Alex.

“Karena kalau dia ngomong kadang nggak nyambung. Masa kita harus meyakini dia, kayak dulu itu, yang kayak Sunda Empire,” ujarnya.

Bicara Ngawur

Agus menuturkan, ada satu pernyataan Alex yang membuat ia dan sejumlah anggotanya geleng-geleng kepala.

“Dia bilang, nanti kalau uang sudah cair saya bagi semua. Terus pertanyaannya itu uang apa. Itu uang monopoli atau uang apa. Nggak jelas,” tutur Agus menahan tawa.

Rumah yang disebut-sebut sebagai markas Kekaisaran Sunda Nusantara di Depok (Istimewa)
Rumah yang disebut-sebut sebagai markas Kekaisaran Sunda Nusantara di Depok (Istimewa)

Meski berbicara melantur dan tak masuk akal, namun Agus tak bisa memastikan jika Alex mengalami gangguan kejiwaan.

“Itu ada ahlinya sendiri yang menentukan dan harus melalui observasi. Tapi kan kalau tetangganya itu kan ngomongnya wah orang gila pak, karena kan ngomongnya. Kalau kita pengen nyambung tapi dia kan ngomongnya kacau,” ucap Agus.

Keluarga Nyerah

Sementara itu, menurut keterangan Jayadi, sang adik ipar, sebelum menyatakan mengundurkan diri dari Kekaisaran Sunda Nusantara, Alex sudah lama bertingkat aneh dan tak memiliki pekerjaan tetap. Ia bahkan sejak lama menyebut-nyebut Kekaisaran Sunda Nusantara.

“Pekerjannya nggak ada. Nelpon doang, ngomel-ngomel. Kayanya sih kaya kerajaan gitu ngakunya,” ujar Jayadi, Kamis 6 Mei 2021.

Pada waktu-waktu tertentu, Alex mengumpulkan sejumlah orang untuk membahas kerajaan tersebut di rumah sang mertua yang disebut Rusdi sebagai markas Kekaisaran Sunda Nusantara.

“Lebih sering (ngumpul) siang. Kumpulnya nggak lebih dari 10 orang. Kita suka dengerin mereka ngomong. Ngomong kerajaan gitu. Nah itu sudah lama,” katanya

Rata-rata, orang yang berkumpul bersama Alex adalah warga luar. “Orang sini nggak ada yang ngikut, yang ngumpul dari luar semua. Orang sini nggak ada yang percaya.”

Jayadi menegaskan, Alex tak memiliki aset apapun selain kerap berbicara tentang Kekaisaran Sunda Nusantara.

“Aset apaan. Ini aja numpang sama mertua. Dia disini sejak tahun 92-an. Nah itu rumah orangtua saya. Dia kak ipar saya. Ibu Muniroh kakak saya,” jelasnya.

Jayadi mengaku telah berusaha mengingatkan Alex, namun tak pernah digubris.

“Kita mah pada ketawain aja. Keluarga bilang pengayal. Kita sudah bilangin tapi ya galakan dia. Dia merasa benar,” katanya. (rul/*)

Baca Juga: Heboh, Warga Depok Ngaku Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara