Panama Gagal ke Perempat Final Piala Emas 2021 karena Hal Ini

Perayaan gol yang dicetak oleh pemain Panama.(Foto: Twitter Gold Cup)

ORLANDO, FLORIDA—Sempat berpeluang lolos ke perempat final Piala Emas 2021, namun harapan itu akhirnya tidak sejalan dengan apa yang diinginkan Panama.

Padahal Panama menang meyakinkan saat bersua Grenada dengan skor 3-1 di pertandingan terakhir Grup D yang berlangsung di Exploria Stadium, Rabu 21 Juli 2021 pagi WIB.

Kemenangan Panama menjadi tak berarti karena di pertandingan lainnya, Qatar juga meraih hasil positif melawan Honduras dengan skor 2-0.

Kemenangan Qatar itu menjadi batu sandungan buat Panama karena kalah jumlah poin. Tambahan tiga poin membuat Qatar menjuarai Grup D dengan tujuh poin, sedangkan Panama empat poin di urutan ketiga.

Pemain Panama (kiri) menggiring bola.(Foto: Twitter Gold Cup)

Sebelum laga ini dmulai, Panama berharap Qatar dikalahkan Honduras, namun hasil akhirnya adalah sebaliknya. DIBACA JUGA: Harapan Panama ke Perempat Final Piala Emas 2021 Masih Hidup

Piala Emas 2021 adalah partisipasi Panama ke-10 kalinya. Dengan kegagalan maju ke babak sistem gugur menjadi yang kedua kali bagi Panama.

Sebelumnya kegagalan lolos ke delapan besar dialami Panama pada turnamen pertamanya tahun 1993.

DIBACA JUGA: Qatar Unjuk Gigi di Piala Emas 2021, Lolos ke Perempat Final

Perjalanan Panama di Piala Emas 2021 memang tidak mudah. Kalau pun menang atas Grenada, Panama bisa tersingkir dari Piala Emas 2021 jika Qatar bermain imbang atau menang melawan Honduras.

Klasemen akhir Grup D Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen akhir Grup D Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Jika Honduras menang, Panama akan bergabung dengan tujuh tim lainnya di babak sistem gugur dengan kemenangan di pertandingan grup terakhirnya. Akan tetapi asa itu kini sudah musnah. Panama tersingkir.

Tiga gol Panama yang bersarang ke gawang Grenada masing-masing diciptakan oleh Alberto Quintero pada menit ke-7 serta Jose Rodriguez menit 26 dan 64.

DIBACA JUGA: Ujian Sang Juara Asia di Piala Emas Concacaf 2021

Grenada hanya mampu mencetak satu gol melalui Romar Matthew Frank di menit ke-74, yang membuat skor menjadi 3-1 untuk kekalahan mereka.

Grenada sama sekali belum memetik kemenangan dari tiga bertanding di penyisihan Grup D Piala Emas 2021.

Selain keok dari Panama 1-2, dua kekalahan Grenada sebelumnya tercatat atas Honduras (4-0) dan Qatar (4-0). Mereka pun berada di dasar klasemen akhir Grup D dengan poin nol.

(tdr)