Orang Tua Wajib Tau, Begini Cara Perlakukan Anak Agar Terhindar dari Predator Seks

Penting untuk memberikan edukasi seks kepada anak sedini mungkin (Foto: Istimewa)
Penting untuk memberikan edukasi seks kepada anak sedini mungkin (Foto: Istimewa)

DepokToday – Belum lama ini artis Saipul Jamil keluar dari penjara. Bebasnya Ipul, sapaan akrabnya begitu ramai dibicarakan publik lantaran disambut euforia yang berlebihan oleh sebagian kerabatnya. Nah, bagaimana sebenarnya yang harus dilakukan orang tua agar terhindar dari predator seks

Untuk diketahui, kasus yang menyeret Saipul Jamil tahun 2016 lalu adalah perbuatan cabul kepada korban yang masih di bawah umur yang berakibat dirinya mendekam di penjara selama lima tahun lebih.

Menanggapi ramainya kasus tersebut, Psikolog anak Samanta Elsener  memberikan sex education yang perlu orang tua ajarkan kepada anak mereka agar dapat terhindar dari predator sex.

Berikut tips bagi orang tua agar terhindar dari predator seks dari Samanta yang dilansir dari Instagram @samanta.elsener.

1.Biasakan ucapkan “permisi”

Menurut Samanta, sejak anak lahir para orang tua perlu memperlakukan anak dengan hormat. Caranya dengan menjaga daerah privasi anak dengan selalu sampaikan “permisi” setiap kali hendak membersihkan organ intimnya atau memandikannya.

2.Ganti baju anak di ruang tertutup

Meski anak-anak masih belum memahami arti malu, tetapi para orang tua tetap harus memperlakukannya dengan baik. Hindari mengganti baju anak di ruang terbuka yang publik bisa melihatnya dengan bebas.

Pasalnya, menurut Samanta masih banyak orang tua yang tanpa malu mengganti baju anak di food court mall atau bahkan kendaraan umum.

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah, Ini Datanya

3.Menyebut dengan nama biologis

Samanta juga mengingatkan untuk para orang tua menyebutkan nama organ tubuh anak dengan nama biologis bukan menggunakan istilah lain. Ini agar anak tidak bingung dan tidak menganggap hal tersebut merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan.

  1. Ajarkan sentuhan baik dan buruk

Penting sekali mengajarkan mana saja bagian dari tubuhnya yang boleh disentuh oleh orang asing, oleh anggota keluarga lain, dan oleh dokter atau perawat. Orang tua wajib menjelaskan semuanya dengan jelas.

Untuk cara mengajarkannya, orang tua bisa gunakan boneka atau bermain peran. Cara ini dinilai memudahkan anak dalam memahaminya. (lala/*)