Orang-orang Ini Mendadak Jenius Karena Peristiwa Tragis

Mendadak jenius (Istimewa)
Mendadak jenius (Istimewa)

DepokToday- Menjadi pintar atau jenius tentu harapan semua orang. Maka tak heran banyak cara yang ditempuh demi bisa menggapai hal tersebut. Kuncinya adalah tekun belajar. Namun ternyata, ada juga orang-orang yang mendadak jenius karena kecelakaan. Peristiwa ini bernama sindrom sarjana (Savant Syndrome).

Dilansir dari idntimes, sindrom sarjana adalah kondisi langka di mana seorang individu yang terlahir dengan ketidakseimbangan mental seperti autis namun secara menakjubkan ia memiliki bakat luar biasa.

Bahkan, orang tersebut mendekati jenius di beberapa bidang tertentu seperti matematika, bahasa, seni visual, musik dan memorial.

Di lain pihak, sindrom sarjana hanya terjadi jika seseorang tak menderita sindrom itu sejak lahir. Nah kebayang nggak sih ketika kepala kita terbentur tiba-tiba mendadak jenius.

Namun sindrom sarjana benar-benar masih menjadi misteri sampai saat ini. Selama bertahun-tahun para ahli telah mempelajari fenomena sindrom sarjana, tapi mereka belum menemukan jawaban yang memuaskan.

Berikut sejumlah orang yang disebut-sebut mendadak jenius akibat kecelakaan:

1.Orlando Serrell

Pada Agustus 1979, di usia 10 tahun, Orlando Serrell bermain baseball dengan teman-temannya. Namun bola tersebut secara tak sengaja mengenai sebelah kiri kepalanya dan membuatnya terjatuh dan diam beberapa saat.

Sama seperti kebanyakan anak pada umumnya, ia bangun dan lanjut bermain. Meskipun kepalanya terasa sakit, ia tak menceritakan hal tersebut pada orangtuanya sehingga ia tak mendapatkan penanganan medis.

Ketika sakit kepalanya menghilang, Orlando menemukan hal luar biasa terjadi pada dirinya. Ia bisa mengingat tanggal dengan baik, bahkan ia bisa mengingat berbagai kejadian dengan sedemikian detail.

2.Jason Padgett

Yang satu ini mendadak jenius karena kejadian yang cukup keji. Ia ditendang berkali-kali di kepala.

Jason Padgett, diserang orang asing pada tahun 2002 dan mengalami koma. Setelah bangun dari koma, ia memiliki kekuatan super di bidang matematika.

Ia mengaku bahwa ia melihat berbagai bentuk dan sudut di mana-mana, bahkan di dalam mimpinya. Ia dipercaya bahwa ia adalah satu-satunya orang di dunia dengan kemampuan melihat dan menggambar fraktal dengan tangan.

Hal yang menarik adalah, sebelum mengalami kecelakaan ia adalah seorang dropout yang sering berpesta pora. Dan sekarang ia adalah salah satu orang hebat di dunia.

3.Anthony Cicoria

Tony Cicoria sudah cukup cerdas karena memiliki profesi sebagai dokter bedah di New York.

Namun setelah tersambar petir, kejeniusannya semakin terkuak. Saat itu ia sedang menelepon ibunya di telepon umum pada saat hujan badai di mana sebuah petir menyambarnya.

Untungnya ada seorang perawat di dekat lokasi kejadian sehingga nyawanya terselamatkan.

Baca Juga: Terlibat Kasus Narkoba, Kejari Depok Tuntut Junaedi Cs Hukuman Mati

Kecelakaan itu meninggalkan bekas yang unik. Ia selalu ingin memainkan musik klasik, sesuatu yang tak pernah membuatnya tertarik sepanjang hidup.

Kemudian ia belajar memainkan piano secara otodidak. Dan percaya atau tidak, ia telah mengeluarkan CD musik bernama Notes From An Accidental Pianist and Composer.

Trauma yang Bikin Kaya

4.Leigh Erceg

Leigh Erceg pernah terjatuh dan mengalami luka otak yang serius. Kecelakaan itu membuatnya kehilangan ingatan dan sekaligus mendapatkan kemampuan menakjubkan di bidang matematika.

Kemudian ia menghabiskan waktunya dengan kumpulan formula matematika. Ia mengklaim bahwa ia bisa melihat suara dan mendengar warna.

5.Daniel Tammet

Daniel Tammet pernah mengalami kejang ketika ia masih kecil. Ia juga sering membenturkan kepalanya ke dinding dan menghindari kontak mata, sama seperti gejala autisme.

Dan gejala sindrom sarjana muncul pada tahun 2004 ketika entah secara tak sengaja ia iseng menulis semua bilangan Pi dengan benar dan tanpa kesalahan sedikitpun.

Dia juga mengalami sinestesia, ia melihat angka sebagai bentuk, warna dan tekstur. Ia juga bisa berbicara dengan 11 bahasa yang ia pelajari kurang dari satu minggu.

Ia kini memberi berbagai kuliah dan menulis puluhan buku, yang membuatnya menjadi ilmuwan dengan cara yang paling tak pernah diduga siapapun!

Alonzo Clemons (Istimewa)
Alonzo Clemons (Istimewa)

6.Alonzo Clemons

Setelah mengalami trauma otak saat masih kecil, Clemons memiliki bakat mengagumkan.

Perlihatkan ia seekor hewan selama beberapa detik, maka ia akan langsung mampu membuat replika patung dengan keakuratan yang menakjubkan! Ini adalah sesuatu yang memerlukan waktu berhari-hari untuk dilakukan seniman biasa.

Semua karya seninya sudah ditampilkan di berbagai galeri di seluruh Amerika Serikat dan terjual jutaan dolar!

Mendadak Jenius Usai Kena Stroke

7.Tommy McHugh

Jika membayangkan kehidupan Tommy McHugh sebelum mengalami kerusakan otak rasanya cukup mengenaskan.

Ia menghabiskan hidupnya di dalam penjara, sering melakukan kerusuhan dan seorang pecandu heroin. Dan kepribadiannya berubah total di usia 51 tahun ketika ia mengalami serangan stroke yang membuatnya tak sadarkan diri.

Saat bangun ia merasakan keinginan kuat untuk menulis puisi, yang mana ia gambarkan sebagai sisi femininnya.

Ia juga mengalami perkembangan kemampuan visual dan seni. Seluruh rumahnya kini penuh dengan hasil karyanya. Kini ia adalah sosok yang berbeda dan tak akan mampu untuk melukai sesorang.

8.Derek Amato

Derek Amato sedang bermain sepak bola dengan teman-temannya ketika ia tak sengaja terjatuh dan kepala terlebih dulu yang mendarat lantai keras. Ia langsung tak sadarkan diri selama empat hari.

Saat tersadar dan melihat piano elektrik, ia langsung memainkannya seolah-olah ia adalah pianis terkenal yang bermain piano sepanjang hidupnya.

Bagian mengejutkannya adalah, seumur hidup ia tak pernah bermain piano.

Nah, kamu pengen kayak mereka gak? Belajar makanya! Jangan ikut-ikutan jedotin kepala ke tembok. Bahaya. (rul/*)