[OPINIKU] Gadget dan Anak

Oleh: drg. Hardiono

DI era industri 4.0 saat ini merupakan tantangan tersendiri, khususnya buat anak anak usia dini sampai remaja.

Gadget, memang menarik karena kecanggihan dan kepiawaian sang penggagas dan pembuatnya.

Tujuannya adalah untuk efisiensi, kemudaahan menggunakan tehnologi informasi, agar semuanya mudah dan memudahkan dalam urusan pekerjaan, serta menambah literasi bagi penggemarnya.

Barang ini menarik, terkesan barang yang cerdas bernama gadget, terlebih dengan terus berkembang dengan cepat disertai dengan inovasi terus menerus, berganti ganti seri dan mereknya.

Hal ini membuat orang menjadi kepo, sifat keingintahuan seseorang akan semakin tinggi terutama bagi anak-anak. Fitur yang paling disukai anak anak adalah permainan atau games.

Saking menariknya seseorang bisa tertarik, apalagi anak anak, dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan.

Sifat ketagihan, semakin lama menjadi kecanduan sehingga mengakibatkan kelelahan dan efek radiasi, dampaknya sakit di mata bahkan dapat menjadi kanker atau penyakit lainnya seperti penyakit kejiwaan, mati rasa dan lain-lain.

Oleh karenanya peranan orang tua sangat penting untuk melakukan edukasi kepada anak anak sejak dini, jangan sampai tergerus oleh keadaan zaman.

Gadget itu perlu, tetapi dapat digunakan sesuai aturan, dan membatasinya dengan waktu agar organ tubuh kita tidak rusak karena penggunaannya yang tidak benar.

Jadi orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak wajib memberikan arahan, nasihat dan contoh yang baik bagi anak-anaknya.(*)

Penulis adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok.