[OPINIKU] Benarkah Apartemen Masih Menjadi Pilihan Mahasiswa UI?

Apartemen Margonda Residence di Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.(Foto: Istimewa)
Apartemen Margonda Residence di Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.(Foto: Istimewa)

TAHUN 2019, pertumbuhan apartemen di sekitar Kampus Universitas Indonesia (UI) Kota Depok, Jawa Barat, semakin menjamur dengan adanya pembangunan yang terlihat di sekitar Jalan Margonda.

Sebut saja Apartemen Taman Melati
2, Evenciio Apartement dan Mazhoji Apartemen, yang semakin menambah deretan bangunan pencakar langit di sekitar Kampus UI Depok.

Selain apartemen di Kampus UI Depok ada juga kost-kostan yang banyak menjadi tempat tinggal sementara mahasiswa UI. Kost tersebut banyak terdapat di daerah Kukusan, Beji.

Kost-kostan tersebut juga menjamur di sekitaran pintu keluar UI arah Kukusan
dengan harga yang berkisar dari Rp 1-2 juta perbulan berbeda dengan sewa apartement hingga Rp 2-3 juta perbulan untuk biaya sewanya.

Mahasiswa UI mengaku bahwa apartemen tetap menjadi pilihan ketimbang kost-kostan. Lantas mengapa apartement masih menjadi pilihan para mahasiswa?

Menurut mahasiswa apartemen memiliki fasilitas yang tidak dimiliki oleh kost-kostan seperti kolam renang, lift, ATM dan yang paling penting adalah “privacy” yang tidak terganggu. Inilah nilai lebih apartmen.

“Apartemen tuh lengkap dengan fasilitasnya, seperti kolam renang, lift, ATM semua ada kalau di apartemen, walaupun agak mahal tapi privacy kita terjamin, gak seperti di kost-kostan,” ujar Nadhira, salah satu Mahasiswa UI penyewa apartemen Taman Melati Residence.

Mahasiswa lain mengatakan, apartemen menjadi gengsi tersendiri di kalangan mahasiswa lain saat ini. “Banyak sih kelebihan apartemen dibandingkan kostan, gengsi juga sih kalo harus ngekost, jadi lebih milih apartemen,” sahut mahasiswa UI lain yang tidak ingin di sebutkan namanya.

Apartemen yang banyak dipilih mahasiswa saat ini adalah Taman Melati Residence dan Margonda Residence yang hanya berjarak 100 meter dari Stasiun UI.

Dengan akses yang dekat dengan kampus juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi apartemen di sekitaran Margonda, yang menargetkan mahasiswa sebagai penghuninya.(**)

Ditulis oleh Camila Chairunnisa, Mahasiswi Pendidikan Vokasi jurusan Hubungan Masyarakat, Universitas Indonesia.