Ombudsman RI : Pemkot Depok Bisa Dampingi Siswa Tak Lulus PPDB

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho. (Istimewa)
Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho. (Istimewa)

JAKARTA – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh Nugroho meminta, Pemerintah Kota atau Pemkot Depok bisa melakukan pendampingan terhadap siswa maupun orang tua siswa, yang tidak lolos masuk negeri pada PPDB tahun ajaran 2021.

“Hal ini berdasarkan laporan masyarakat yang berulang dilaporkan ke Ombudsman, sering kali orang tua siswa merasa keberatan apabila harus memasukkan anaknya ke sekolah swasta,” kata Teguh melalui siaran persnya, Selasa 25 Mei 2021.

Teguh mengungkapkan, banyak laporan dari orang tua siswa yang tidak mampu, menginginkan anaknya bersekolah di sekolah negeri. Karena tingginya biaya pendidikan di sekolah swasta yang berkualitas.

Baca Juga : Ombudsman RI Akan Awasi Pelaksanaan PPDB Depok

“Kami meminta Dinas Pendidikan benar-benar melakukan fasilitasi terhadap calon peserta didik dengan bermitra bersama sekolah swasta serta melakukan perbaikan baik dari SDM guru maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya,” kata Teguh.

Lebih jauh Teguh mengatakan, pihaknya juga meminta agar jumlah sekolah negeri di Kota Depok diperbanyak, mengingat saat ini belum semua kecamatan memiliki Sekolah Menengah Atas Negeri.

“Untuk itu kami menyarankan Disdik Jabar untuk membuka Sekolah Menengah Atas Terbuka di Depok,” kata Teguh.

PPDB Depok Mulai Akhir Juni 2021

Sebagai informasi, Dinas Pendidikan Kota Depok telah mengumumkan pelaksanaan PPDB di Kota Depok akan dilakukan mulai akhir Juni 2021 mendatang. Dimulai dari PPDB tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tanggal 1 Juli, dilanjut tingkat Sekolah Dasar (SD) 5 Juli dan tingkat Taman Kanak-kanak (TK) pada 14 Juli 2021.

Baca Juga : Disdik Depok Rilis Jadwal PPDB 2021, Cek Disini Tanggal Pendaftarannya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, PPDB tingkat SMP dilalukan secara online, sementara PPDB tingkat TK dan SD secara offline dan daring terbatas.

“PPDB Tahun Ajaran 2021 untuk jenjang SMP dilakukan sepenuhnya secara online. Pendaftaran dapat melalui http://depok.siap-ppdb.com,” kata Thamrin dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Depok.

Thamrin mengatakan, PPDB SMP sistem pendaftarannya terbagi dalam lima kategori. Yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi bagi siswa tidak mampu atau inklusi, jalur prestasi, serta jalur perpindahan orang tua wali dan anak Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).

“Jalur zonasi akan dimulai pendaftarannya pada 12-13 Juli, jalur afirmasi 28 – 30 Juni, jalur prestasi 1 – 2 Juli, dan jalur perpindahan orang tua atau PTK 5 Juli,” kata Thamrin.

Sementara itu, untuk PPDB TK dan SD, kata Thamrin, penerimaannya berdasarkan zonasi dengan prioritas usia 4-6 tahun untuk TK. Sementara, SD mulai 5 hingga 8 Juli, dengan prioritas anak berusia 6 tahun per 1 Juli 2021. (ade/*)