Olimpiade Tokyo 2020 Berakhir, Sampai Jumpa di Paris 2024

Bendera Olimpiade 2024 berkibar di Menara Eiffel.(Foto: Twitter Paris2024)
Bendera Olimpiade 2024 berkibar di Menara Eiffel.(Foto: Twitter Paris2024)

DepokToday—Olimpiade 2020 telah berakhir setelah upacara penutupan yang menakjubkan di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Minggu 8 Agustus 2021.

Setelah lebih dari dua minggu kompetisi mendebarkan yang penuh lika-liku, bendera Olimpiade diturunkan secara seremonial dengan penyerahan Gubernur Tokyo, Koike Yuriko, kepada Anne Hidalgo, Walikota Paris, melalui Presiden IOC Thomas Bach. Edisi Olimpiade berikutnya akan diselenggarakan oleh Paris pada 2024.

“Untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai, seluruh dunia berkumpul,” kata Presiden IOC, Thomas Bach, dikutip olympics.com.

“Olahraga kembali ke panggung utama. Miliaran orang di seluruh dunia disatukan oleh emosi, berbagi momen kegembiraan dan inspirasi. Ini memberi kita harapan. Ini memberi kami keyakinan di masa depan,” sambungnya.

BACA JUGA: Lagu Indonesia Raya Akhirnya Berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020

Mengalihkan perhatiannya kepada para atlet yang berkumpul di stadion, dia menambahkan selama 16 hari terakhir mereka (atlet-red) membuat banyak orang kagum dengan prestasi olahraga.

“Dengan keunggulan Anda, dengan kegembiraan Anda, dengan air mata Anda, Anda menciptakan keajaiban Olimpiade ini,” terangnya.

“Anda menginspirasi kami dengan kekuatan pemersatu olahraga ini. Ini bahkan lebih luar biasa mengingat banyak tantangan yang harus Anda hadapi karena pandemi,” tambahnya.

Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: olympics.com)
Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: olympics.com)

BACA JUGA: Osaka Nyalakan Kuali Olimpiade 2020, Simbol Harapan dan Vitalitas

Terima Kasih

Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pagelaran olahraga multieven ini.

“Malam ini api Olimpiade yang telah menerangi Tokyo akan padam dengan tenang. Tapi harapan yang telah menyala di sini tidak akan pernah padam,” katanya.

“Pertandingan ini berlangsung di tengah pandemi yang parah, dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua yang berada di layanan medis, kepada semua orang yang mendukung dan berkontribusi pada Olimpiade, dan kepada tuan rumah kami, orang-orang Jepang,” tuturnya.

“Kepada semua sukarelawan yang mendukung Olimpiade: Olimpiade Tokyo 2020 ini adalah bukti kekuatan, kekuatan, dan kecintaan Anda pada olahraga,” jelasnya.

BACA JUGA: Medali Emas Sepak Bola Pria Olimpiade 2020 Milik Brasil

Dalam Olimpiade pertama, upacara penutupan dibagi antara dua negara dan menampilkan perayaan langsung dari kota tuan rumah berikutnya, saat pemirsa dibawa ke Paris di mana bendera raksasa Olimpiade 2024 dikibarkan dari Menara Eiffel.

Tim pertunjukan udara elit Prancis Patrouille de France terbang di atas mewarnai langit dengan tiga warna biru, putih dan merah, sementara perayaan berlangsung di jalan-jalan di bawah dengan pesta publik dan konser.

(Sumber: Olympics)