Olimpiade 2020, Tim Bulu Tangkis Indonesia Mulai Tanding Sabtu

Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: olympics.com)
Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: olympics.com)

DEPOK—Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, sudah resmi bergulir sejak 23 Juli 2021. Sebanyak 324 dari 33 cabang olahraga akan dipertandingkan di ajang olahraga internasional ke-32 itu.

Indonesia mengirim 28 atlet di kejuaraan multievent paling bergengsi di dunia ini. Mereka mendapat kesempatan berangkat ke Tokyo karena pembinaan olahraga prestasi yang baik oleh atlet, pelatih, ofisial dan induk cabang olahraga (cabor).

DIBACA JUGA: Herry Suprianto Terpiih sebagai Ketua Umum KONI Depok

Dikutip dari laman resmi KONI, Cabor Bulu Tangkis yang memiliki tradisi emas telah lebih dulu berangkat pada tanggal 8 Juli 2021. Gelombang keberangkatan selanjutnya pada tanggal 17 Juli 2021 dan ada juga yang berangkat pada tanggal 24 Juli 2021.

DIBACA JUGA: Praveen/Melati Juara Ganda Campuran All England Open 2020

Tim Bulu Tangkis Indonesia baru mulai bertanding di babak penyisihan grup hari Sabtu, 24 Juli 2021 WIB.

Dari ganda putri Grup A, Greysia Polli dan Apriyani Rahayu melawan Chow Mei Kwuan dan Lee Meng Yean dari Malaysia, pukul 07:00 WIB di Mushashino Forest Sport Plaza.

DIBACA JUGA: BNI Jadi Pendukung Resmi Bulu Tangkis Nasional

Dua jam kemudian (09:00 WIB), Jonatan Cristie turun di nomor tunggal putra Grup G meladeni Aram Mahmoud dari tim Olimpiade Pengungsi Suriah.

Aram Mahmoud adalah salah satu dari 29 anggota Tim Olimpiade Pengungsi (Refugee Olympic Team) yang berisikan olahragawan yang mendapatkan dukungan dari Refugee Athlete Scholarship dari IOC (Komite Olimpiade Internasional), melalui program beasiswa Olimpiade untuk para atlet pengungsi.

DIBACA JUGA: Disrumkin Kebut Pembangunan GOR Depok, Segini Biayanya

Di ganda campuran Grup C, Indonesia punya pasangan Praveen Jordan dengan Melati Daeva Oktavianti. Praveen dan Melati bakal tanding melawan pasangan Australia, Gronya Sumerville dengan Simon Leung, pukul 09:40 WIB.

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.(PBSI)
Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.(PBSI)

Pukul 10:20 WIB, ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menghadapi Sean Vendi/Ben Lane (Britania Raya) di Grup A.

Masih di ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang berada di Grup D menghadapi pasangan Kanada, Nyl Yakura/Jason Ho-sue, pukul 16:00 WIB.

(tdr/Berbagai Sumber)