Bukan Cuma Atasi Batuk Flu, Tomat dan Tembakau Ternyata Anti Kanker

Tomat dan tembakau adalah tanaman herbal yang punya banyak manfaat (Foto: Istimewa)
Tomat dan tembakau adalah tanaman herbal yang punya banyak manfaat (Foto: Istimewa)

DepokToday- Dokter sekaligus pendakwah Zaidul Akbar kembali membagi resep tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit. Kali ini, ia mengungkap tentang manfaat tomat dan tembakau.

“Apa-apa yang Allah ciptakan di alam semesta ini, punya peran yang sifatnya multifungsi. Contoh tomat. Tomat itukan kita tahu isinya likopen, salah satunya ya. Likopen itu kandungan anti kanker yang ada pada tomat,” katanya dilansir dari akun channel YouTube dokter Zaidul Akbar dikutip DepokToday.com pada Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Periksa Pejabat, Polisi Bidik Tersangka Lain di Tragedi PDAM Depok   

Namun ia mengingatkan, tomat yang dikonsumsi haruslah organik bukan yang mengandung pestisida.

“Semua bagian tomat beguna untuk anti kanker,” jelasnya.

Manfaat Lain Tomat dan Tembakau

Tanaman herbal lainya yang juga punya khasiat menakjubkan adalah tembakau.

“Nanti coba di browsing namanya divine cigarette. Jadi tembakau yang di divine, divine itu dibikin nano. Penelitiannya dilakukan oleh teman saya seangkatan,” katanya.

Baca Juga: Swab Antigen Acak di Sejumlah Sekolah Mulai Dilaksanakan Pemkot Depok

Ternyata, lanjut Zaidul Akbar, tembakau itu ketika dikelola dengan baik dia justru malah bisa digunakan untuk anti kanker. Bahkan bisa diolah dalam bentuk rokok, tapi bukan rokok yang dijual lintingan biasa.

Tembakau (Foto: Istimewa)
Tembakau (Foto: Istimewa)

Hal itu telah diuji langsung oleh rekan dokter Zaidul Akbar dan hasilnya, asap pada rokok tembakau murni itu ternyata menyehatkan.

“Asapnya itu mengandung anti oksidan, keren kan. Bisa pak, saya pernah nyobain rokoknya. Tapi bukan rokok yang biasa, dia (teman saya) sudah 6 tahun konsumsi. Jadi kalau dia batuk pilek dia ngerokok itu, dia seorang dokter, dan mungkin calon profesor juga dan dia teliti itu selama sekian tahun,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Depok Verifikasi 1.741 Titik Kerusakan Akibat Puting Beliung

“Jadi kalau neneknya batuk pilek, suruh merokok sama dia, serius. Tapi bukan rokok yang biasa dijual di pasaran. Jadi masih dalam komponen utuh dipisahkan nikotin dan tarnya,” sambung dia lagi. (rul/*)