Nggak Takut Soroti Kebijakan PPKM, Dokter Tirta Ngaku Disuruh Diam

Dokter Tirta Mandira Hudhi (Istimewa)
Dokter Tirta Mandira Hudhi (Istimewa)

DEPOK – Sering mengkritisi pemerintah soal penanganan COVID-19, Dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi mengatakan, ada sosok dekat dengan pemerintah yang melarangnya untuk mengkritisi kebijakan COVID-19, Khususnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dikutip dari Hops.id, Dokter Tirta mengunggah tangkapan layar pesan dari sosok tersebut yang menyarankannya untuk fokus mengurusi masalah kesehatan di Indonesia.

Merasa sedih menerima pesan itu, dokter Tirta mencurahkan isi hatinya di Twitter. Warganet pun penasaran dengan siapa sosok yang dokter Tirta maksud.

Dia menyebutkan, PPKM berjalan efektif jika kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik. Namun sayangnya, pendapatnya itu tidak diteriama oleh semua orang, termasuk sosok yang ia kenal sangat baik dan dekat dengan pemerintah.

“Begini resikonya kalo kritisi ppkm? Padahal saya cuma bicara : ppkm yg efektif kalo kebutuhan warga dipenuhi dan dibales oleh “satu sosok” yg saya kenal baik banget. Dan dia dekat dengan pemerintah Dijawab begini Sedih amat yah. Kritik aja ga boleh,” tulis dokter Tirta di Twitter.

Sosok Dekat dengan Pemerintah Minta Dia Diam

Baca juga: Dokter Tirta Ungkap 3 Faktor Orang yang Selalu Negatif COVID

Sosok yang tidak disebutkan namanya tersebut menyarankan dr Tirta untuk tidak berkomentar tentang kebijakan pemerintah dan fokus pada solusi mengatasi pandemi COVID-19.

“Saran untuk dr Tirta: back to basic urusi saja soal kesehatan dan solusi bagaimana cara mengatasi pandemi COVID-19. Jangan urusi soal kebijakan, soal ranah hukum, soal politik, dll,” ucap sosok tersebut kepada dokter Tirta.

Menurut dia, sosok yang dinilai membungkamnya ini bukan orang sembarangan. Ia merasa kecewa karena dilarang mengkritik kebijakan pemerintah.

“Emang kalo kritik ppkm, harus pejabat? Emang selama ini yg buat kebijakan soal covid dokter? Nakes? Emang selama ini yg statement ivermectin? Nakes? Siapakah sosok ini? Ye kalo sampe dm nya saya bales ya jelas bukan orang sembarang. Cara bungkamnya gitu amat dah,” ujarnya.

“Emang kalo kritik, itu dicap anti pemerintah? Berapa banyak kebijakan pemerintah saya dukung? Kenapa sekali dikritik aja. Sampe nyuruh diem sih,” ucapnya.

Apalagi menurutnya, Presiden Joko Widodo saja tak masalah dikritik. Sehingga, dokter Tirta mewajarkan jika dirinya mendebat balik sosok yang melarangnya untuk berkomentar terhadap kebijakan pemerintah.

“Saya sudah adukan soal ini ke beberapa orang yg di “atas” sana. Kritik kok dilarang. Dah dikasi bonus solusi pula. Pak jokowi aja berpesan: gapapa kritik. Saya sudah kritik. Sopan pula. Pake solusi Jadi kalo ada bawahan2 beliau yg larang2 kritik. Wajar kalo saya debat balik,” timpal dia.

Warganet pun penasaran dengan siapa sosok yang dimaksud dokter Tirta. Namun, dr Tirta memilih untuk tak membocorkannya sampai si sosok ini meminta maaf.

“Jangan dihide dong dok.. biar para warga bisa sila,” kata warganet.
“Saya mau tunggu balesan dia dulu. Kalo minta maaf kan bagus,” kata dia. (lala/*)