Nggak Sulit, 7 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Otak Fokus Sepanjang Hari

Ilustrasi bangun tidur, kebiassan bikin otak fokus. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi bangun tidur, kebiassan bikin otak fokus. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan di tengah situasi pandemi saat ini, menuntut otak harus fokus. Namun, tidak sedikit orang kesulitan untuk fokus dengan pekerjaan yang ada.

Semakin dipaksa, pekerjaan bisa saja selesai, tapi stress juga bisa ikut melanda. Nah, agar bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan hari ini. Sejumlah kebiasaan di pagi hari bisa dilakukan untuk membuat otak lebih fokus menjalani banyaknya pekerjaan.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini 7 kebiasaan di pagi hari yang membuat otak tetap fokus:

1.Bunyi alarm yang lebih tenang

Ahli saraf Patrick K Porter menjelaskan raungan alarm yang mengagetkan berefek buruk pada sistem saraf. Cobalah untuk bangun tanpa bunyi alarm karena dapat membantu otak untuk lebih fokus. Atau Anda bisa mengganti bunyi alarm dengan bunyi yang lebih tenang.

Baca Juga: Proyek UIII Berlanjut ke Tahap II, Warga Ada yang Dapat Rp 1,4 M

2.Meditasi

Demi kesehatan dan ketajaman otak, ahli saraf Kristen Willeumier menyarankan untuk melakukan meditasi di pagi hari. Tidak perlu lama, meditasi bisa dilakukan selama beberapa menit.

“Meditasi mengurangi stres dan kecemasan dengan mengurangi kortisol dan epinefrin, yang membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan pola pernapasan,” kata Willeumier mengutip dari Well and Good.

Selain itu, meditasi akan menciptakan sinkronisasi seluruh bagian otak sehingga meningkatkan kreativitas, pembelajaran, fokus dan perhatian.

3.Membaca buku

Di hari-hari yang serba cepat dan praktis, orang perlahan melupakan hal-hal sederhana untuk merangsang pikiran sekaligus membuat rileks. Ahli bedah saraf Jason Liauw, menyarankan untuk membaca di pagi hari. Membaca merupakan aktivitas terbaik untuk menajamkan otak.

“Membaca buku yang bagus atau koran pagi bukan hanya cara yang menenangkan untuk memulai hari Anda, tetapi juga dapat membantu Anda mengatur ulang prioritas Anda, membawa Anda keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari sebelum hari ini dimulai,” kata Liauw seperti dikutip dari The Healthy.

4.Olahraga

Olahraga memberikan beragam manfaat buat kesehatan dan suasana hati. Olahraga ternyata juga mempengaruhi kinerja otak Anda seharian.

Ahli neuropsikologi Jennifer Wolkin mengatakan olahraga mampu mengubah kimia otak dan mirip dengan efek obat antidepresan.

Olahraga pun membantu memompa aliran darah dan oksigen ke otak sehingga Anda mampu mengambil keputusan, memberikan penilaian dan memori lebih baik.

5.Konsumsi buah-buahan hingga kacang-kacangan

Pilih menu sarapan yang mendukung kesehatan usus. Pilih menu sarapan terdiri dari buah-buahan, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan. Perpaduan oatmeal dan potongan buah, smoothie pisang dan nanas atau sandwich dari roti gandum dan isian selai kacang bisa jadi pilihan.

“Mikroorganisme di usus kita melepas neurotransmitter, vitamin, hormon dan molekul sinyal lain yang bisa mempengaruhi mood, tingkah laku dan fungsi kognitif,” kata Willeumier.

6.Musik klasik

Ahli kesehatan Dian Griesel mengatakan mendengarkan musik klasik sembari berdandan atau sarapan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan verbal, fungsi kognitif dan fokus.

7.Segelas air putih

Kebiasaan ini mungkin banyak yang sudah melakukan, mulai lah hari dengan segelas air putih. Sepanjang malam tubuh tidak memperoleh asupan apapun termasuk cairan.

Segelas air akan memberikan hidrasi yang diperlukan tubuh. Lanjutkan konsumsi air putih dengan tujuh gelas berikutnya sepanjang hari atau minimal 2 liter. Hidrasi berpengaruh pada kemampuan fokus dan berpikir yang baik. (lala/*)